ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERBITAN ERLANGGA

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
Keywords: buku teks, kesesuaian materi

Abstract

Pemilihan buku teks terbitan Erlangga belum di sertai pengetahuan guru apakah buku teks tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Tujuan penelitian adalah mengetahui kesesuaian materi pada buku teks terbitan Erlangga mata pelajaran IPS Kelas IX berdasarkan kurikulum yang berlaku, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian pendekatan kualitatif (Content Analysis). Dengan demikian hasil yang didapatkan oleh peneliti dalam penelitian Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Terbitan Erlangga untuk Kelas IX SMP Negeri 22 Samarinda menghasilkan 74,78% buku teks sudah sesuai, namun 25,22% buku teks tersebut masih harus disempurnakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. (2017). Analisis Gradasi Materi Saraf Dalam Buku Belajar Tasrif Sistem 20 Jam Karya KH. Aceng Zakaria. Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 102-123.
Astuti, R. F., Riyadi, R., Fiberantika, K. R., & Fitriani, W. N. (2022). ANALISIS KELAYAKAN DAN EFEKTIVITAS PEMANFAATANBUKUAJAR MATAKULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Edueco, 33-40.
Firdaus., S. S., & E. S. (2014). ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1-12.
Galilei, G., S. K., & S. R. (2014). ANALISIS ISI DAN PENYAJIAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS XISEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA SEMARANG. JOURNAL OF PHYSICAL EDUCATION AND SPORTS, 96-102.
Irsyada, R. (2016). ANALISIS ISI DAN KELAYAKAN PENYAJIAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATA PELAJARAN PENJASORKES KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Journal of Physical Education, Health and Sport, 121-126.
Jatmika, H. M. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Penjasorkes Kelas X Sma Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2), 62–67.
Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2018). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347
Larlen dan Driana. (2017). KESESUAIAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK SISWA SMA KELAS X DENGAN KURIKULUM 2013. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Maryulis, D. (2018). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas IX Semester 1 Dengan Tujuan Kurikulum Untuk Diintegrasikan Dengan Materi Petir. Pillar of Physics Education, 11(2), 9–16. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/3297
Pawero, A. M. V. D. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42–59. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889
Prihantoro, N. A. (2018). Analisis Isi Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum 2013 Kelas Vii Smp/Mts. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p1-10
Pratiwi, U. R., & T. W. (2021). ANALISIS KUALITAS DAN EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BUKU AJAR. Edu Sains , 164-177.
Prayoga, R. R., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SAMARINDA (Vol. 15, Issue 1).
Rahmatudin, J., & R. H. (2020). ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN BUKU MATEMATIKA SMP KELAS 7 MATERI ALJABAR. MATHALINE, 146-153.
Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI, 7(2), 118–125..
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 81-95
Rismawati, Andari, K. D., & Kartini. (2022). PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANTARA METODE SUKU. Jurnal Pedas Mahakam, 41-46.
Rumata, V. M. (2017). ANALISIS ISI KUALITATIF TWITTER “#TaxAmnesy” dan “#AmnestiPajak.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 18(1), 1. https://doi.org/10.31346/jpkp.v18i1.840
Sari, N. R. dan U. (2018). Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau Dari Implikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Revisi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i1.21968
Sudarman. (2018). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Mulawarman University Press.
Sudarman, Noor Ellyawati, Riyo Riyadi, & Ratna Fitri Astuti. (2022). PROFILE OF STUDENT SELF-REGULATION LEARNING IN APPLYING TEACHING SKILLS IN ONLINE LEARNING. International Journal of Social Science, 1(5), 687–692. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i5.1312
Suliyanah, Purnomo, B. H., & Kartini, T. (2013). Analisis Kelayakan Buku Ajar Ekonomi Untuk SMA Kelas XII IPS Semester Ganjil. Artikel Penelitian Mahasiswa.
Weni, T. (2020). ANALISIS PROSES PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SAMARINDA. Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 89-95.
Published
2022-07-29
How to Cite
Nurhayati, N., Sudarman, S., & Astuti, R. F. (2022). ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERBITAN ERLANGGA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i1.1320
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>