HUBUNGAN HASIL BELAJAR MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN

  • Dela Rizka Mulyadi Universitas Mulawarman
  • Riyo Riyadi Universitas Mulawarman
Keywords: Pengelolaan Keuangan, Hasil Belajar, Manajemen Keuangan, Keuangan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini didasari oleh suatu rumusan masalah yang menjadi pertanyaan apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan mahasiswa dalam mengelola keuangan dengan hasil belajar mata kuliah manajemen keuangan. Tujuan dalam penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar manajemen keuangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi dan kemampuan pengelolaan keuangan mereka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan penyeb-aran tes terhadap mahasiswa yang berjumlah 107 dari Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman angkatan 2018 dan angkatan 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi bivariat dengan Pearson’s Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian ini didapati bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar manajemen keuangan dengan kemampuan mengelola keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekonomi dilihat dari hasil analisis korelatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Butler, T. (2010). The Complete Guide to Personal Finance: For Teenagers and College Students. Atlantic Publishing Group, Inc.
Fazli Sabri, M., Gudmunson, C. G., & Cook, C. C. (2012). Financial well‐being of Malaysian college students. Asian Education and Development Studies, 1(2), 153–170.
Harjito, A., & Martono. (2014). Manajemen Keuangan Edisi 2. Ekonisia.
Herlindawati, D. (2015). Pengaruh kontrol diri, jenis kelamin, dan pendapatan terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 158–169.
Laily, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4).
Napitupulu, J. H., Ellyawati, N., & Astuti, R. F. (2021). Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(3).
Paramasivan, C., & Subramanian, T. (2009). Financial management. New Age.
Riyadi, R., Permatasari, I., Mulawarman, U., Mulawarman, U., & Mulawarman, U. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Moralitas. Jurnal Edueco, 3(1), 33–42.
Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Universitas Hamzanwadi Press.
https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi
Volume 5 No 1 Juli 2023
E-ISSN 2721-0855
43
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Wardana, & Djamaluddin, A. (2020). Belajar Dan Pembelajaran: Teori, Desain, Model Pembelajaran, dan Prestasi Belajar. CV Kaaffah Learning Center.
Wulandari, & Hakim, L. (2015). Pengaruh Love of Money, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Hasil Belajar Manajemen Keuangan, dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(3), 1–6.
Yunita, N. (2020). Pengaruh Gender Dan Kemampuan Akademis Terhadap Literasi Keuangan dalam Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 1–12..
Amalianti, Ayu, Noor Ellyawati, and Vitria Puri Rahayu. 2021. “Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman.”
Astuti, Ratna Fitri, Maria Ulfah, and Noor Ellyawati. 2022. “Pengaruh Modernitas Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 14(2):237–45. doi: 10.23887/jjpe.v14i2.52042.
Batubara, Tiara Sinta, Reza, and Ilham Abu. 2021. “Kajian Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman.”
Budiman, Arif, Sudarman, and Sutrisno. 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022.”
Dewi, Putri Nila Sari, Sudarman, and Kadori Haidar. 2021. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Samarinda.”
Ferdian, Puteri Nanda, Noor Ellyawati, and Riyo Riyadi. 2022. “Literasi Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman.” Pendidikan Ekonomi.
Jumiati, Reza, and Sutrisno. 2022. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Ekspetasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman.”
Napitupulu, Jeremia Hasiholan, Noor Ellyawati, and Ratna Fitri Astuti. 2021. “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Kota Samarinda.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 9(3):138–44. doi: 10.26740/jupe.v9n3.p138-144.
Prastika, Nuris, Sudarman, and Kadori Haidar. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMAN 13 Samarinda.” Pendidikan Ekonomi.
Wahyu, Sudarman, and Vitria Puri Rahayu. 2022. “Pengaruh E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.”
Published
2023-07-14
How to Cite
Mulyadi, D. R., & Riyadi, R. (2023). HUBUNGAN HASIL BELAJAR MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 5(1), 35-44. https://doi.org/10.30872/prospek.v5i1.2417
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)