PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

  • Yanuar Firmansyah Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Made Ngurah Partha Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
Keywords: Media pembelajaran, web google site

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web google site pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti (1) Diperoleh rata-rata nilai persentase dari ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak. (2) Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 80% dengan kategori layak. (3) Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 88,7% dengan kategori sangat layak. (4) Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada mata pelajaran ekonomi kelas XI dinyatakan “Sangat Layak” digunakan untuk pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran google sites dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20-31.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Aksoy, M. E., Guven, F., Sayali, M. E., & Kitapcıoglu, D. (2019). The effect of web-based learning in pediatric basic life support (P-BLS) training. Computers in Human Behavior, 94, 56-61
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
ivayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk matakuliah kurikulum dan pengajaran di jurusan pendidikan teknik informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 5(3), 149-157. Ferismayanti. (2012). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh Oleh: Ferismayanti, M.Pd. 1–12. Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182. Mukti, W. M., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan Google sites pada materi listrik statis. FKIP e-Proceeding, 5(1), 51-59.
Rijal, A. S., & Jaya, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(1).
Rohdiani, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1).
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek
Jurnal Prospek : Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi
Volume 5 No 1 Juli 2023
E-ISSN 2721-0855
20
Tegeh, I Made., Jampel. I Nyoman., dan Pudjawan, Ketut. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Angieananta, A., and S. Sudarman. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Pembelajaran 2018/2019.” Jurnal Prospek: Pendidikan … 14–26.
Gunawan, Rofi, Sudarman, and Ratna Fitri Astuti. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 34 Samarinda.”
Isnaniah, Sudarman, and Riyo Riyadi. 2021. “Efektivitas Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda.” doi: 10.30872/escs.v1i2.908.
Laga, Jeremias Murin, Sudarman, and Noor Ellyawati. 2021. “Kajian Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Di SMA Mata Pelajaran Ekonomi.” 3(2):33–41.
Nainggolan, Dorkas Ria Marcelina, Sudarman, and Nasib Subagio. 2022. “Application of LKPD Social Studies Based Collaborative Learning Model Structured Peoblem Solving Type in Improving the Completeness of Class VII Students Learning Outcomes at SMP Negeri 1 Tenggarong Seberang.”
Puspitasari, Ria, Sudarman, and Made Ngurah Phartha. 2021. “Hubungan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 7 Berau.”
Rachmad, Shafira Melinda, Sudarman, and Riyo Riyadi. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 17 Samarinda.”
Rachman, Muhammad Fauzan, Sudarman Sudarman, Noor Ellyawati, and Ratna Fitri Astuti. 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas Xi Sma Negeri 1 Bontang.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 10(2):109–17. doi: 10.24127/pro.v10i2.6564.
Sarniati, Sudarman, and Nasib Subagio. 2021. “Hubungan Aktivitas Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 4 Samarinda.” doi: 10.30872/escs.v1i2.891.
sudarman. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep Dan Prosedur.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 21(3):11.
Published
2023-07-14
How to Cite
Firmansyah, Y., Sudarman, S., Partha, M. N., & Rahayu, V. P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 5(1), 11-20. https://doi.org/10.30872/prospek.v5i1.2415
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>