ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 14 SAMARINDA

  • Julyia Fani Universitas Mulawarman
  • Nasib Subagio Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
Keywords: Minat siswa, peguruan tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat siswa SMA Negeri 14 Samarinda dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor utama yang terbentuk dalam analisis faktor, yaitu faktor internal yang terbentuk dari faktor motivasi belajar dan faktor kemauan, yang memiliki nilai eigenvalues sebesar 1,044. Nilai faktor motivasi belajar yang telah didapat dengan menggunakan rotated factor adalah sebesar 0,585 dan nilai faktor kemauan yang didapat adalah sebesar 0,899. Faktor eksternal yang terbentuk yaitu faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan keluarga, yang memiliki nilai eigenvalues sebesar 1,044. Adapun nilai faktor lingkungan sekolah yang telah didapat dengan menggunakan rotated factor adalah sebesar 0,829 dan nilai faktor lingkungan keluarga yang didapat adalah sebesar 0,812.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Prosiding seminar Nasional vol 1, No. 2. Samarinda: Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman.
Arifin, Andi Agustan., dan Sri Ratnasari. 2017. Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan Motivasi Belajar. Jurnal Konseling Andi Matappa. 1(1). 77-82.
Hardani, et al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu.
Indriyanti Ninuk. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 1(2). 1-10
Irianto, Agus. 2011. Pendidikan Sebagai Investasi Dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta: Kencana
Khadijah, Siti., Henny Indrawati., Suarman. 2017. Analisis Minat Peserta Didik Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26(2). 178-188.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press
Munira, Nur. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jembrana Kelas XII Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 9(2). 387-397.
Pratiwi, et al. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMAN ZO. Jurnal FIPA. 7(2). 171-181.
Prasetyo, Fajar., Suyitno. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Studi Ke SMK Jurusan TKR DI SMP N 34 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif. 8(2). 113-118.
Santoso, S. 2014. Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Siyoto, Sandu., & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Slameto. 2019. Partisipasi Orang Tua dan Faktor Latar Belakang Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Pasuruan: Qiara Media Partner
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sofiyanti, Ulfa., & Sukirman. 2019. Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 8(2).

Sudarman. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Samarinda: Mulawarman University Press
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sofiyanti, Ulfa., & Sukirman. 2019. Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 8(2). 453-469.
Uno, B Hamzah. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Widarjono, A. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Wijaya, Tony., dan Santi Budiman, 2016. Analisis Multivariat Untuk Penelitian Manajemen. Yogyakarta: Pohon Cahaya
Wulandari, Tata. 2020. Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press
Zulfa, Ika. et al 2018. “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMA”. Jurnal of Innovative Counseling: Theory, Practice, & Research. Vol 2 No 2. pp. 66-74.
Published
2022-07-29
How to Cite
Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 14 SAMARINDA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 24-34. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i1.1322
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>