Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Dengan Strategi Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Menggunakan E-LKPD Berbasis HOTS Materi Sistem Gerak Di Kelas XI SMA Negeri 1 Long Bagun

Main Article Content

Goregorius Lejiu
Makrina Tindangen
Djumroh Rosifah

Abstract

Pada kurikulum Merdeka dituntut untuk selalu dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Namun faktanya, proses pembelajaran cenderung masih berpusat pada pendidik. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif, monoton, dan merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dengan strategi model pembelajaran adaptasi project based learning (PjBL), problem based learning (PBL) dan kooperatif menggunakan E-LKPD berbasis HOTS materi sistem gerak di kelas XI SMA Negeri 1 Long Bagun yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes tertulis. Pada pembelajaran siklus pertama 70 % peserta didik sudah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP), selanjutnya pada pembelajaran yang dilakukan pada siklus ke dua peserta didik mengalami peningkatan dari siklus pertama dimana 95% peserta didik mencapai KKTP. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif menerapkan E-LKPD berbasis HOTS dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lejiu, G., Tindangen, M., & Rosifah, D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Dengan Strategi Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Menggunakan E-LKPD Berbasis HOTS Materi Sistem Gerak Di Kelas XI SMA Negeri 1 Long Bagun. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 37-42. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3324
Section
Articles

References

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), Art. 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Arti Literasi adalah : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Literasi, Diunduh dihttps:www.maxmanroe.com/vid/umu/arti-literasi-adalah.html / 13 Desember 2019
Arifa, F. N. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dan tantangannya. Info Singkat Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI
Dachi, F. A., & Perdana, D. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Peserta didik Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 38–48.
Dewi, R., & Azizah, U. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3): 332– 339
Fitria, A., Wijaya, M., & Danial, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Chemistry Education Review, 3(2), 163–171.
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/
Kristiana & Radia, 2021; Saputro & Rayahu, (2020) Pembelajaran Problem based learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/41099/20286/102980
Magdalena, I., M, Akbar., & R, S. (2019). Evaluation Of The Implementation Of The School Literacy Movement In Elementary Schools In The District And City Of Tangerang. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding. 6(4), 537.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education,02(2), 168–176.
Panggayuh, (2018) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick (Studi Pada Kelas Vi Sd Negeri 4 Andoolo Kabupaten Konawe Selatan) https://www.edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/download/84/88/470