Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Dengan Strategi Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Menggunakan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Malinau

Main Article Content

Kasman Tedana
Makrina Tindangen
Djumroh Rosifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi terkait materi sistem gerak pada manusia menggunakan strategi model pembelajaran adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif menggunakan E-LKPD berbasis HOTS pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Malinau. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Malinau yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes tertulis. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 75,8 dengan ketuntasan belajar 86,7%, terjadi peningkatan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 96,2 dan  ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi model pembelajaran adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif menggunakan E-LKPD berbasis HOTS meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Malinau.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tedana, K., Tindangen, M., & Rosifah, D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Dengan Strategi Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Menggunakan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Malinau. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 28-36. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3323
Section
Articles

References

Apriani, E., Dewi, R. S., Andriana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan LKPD Berbasis HOTS Kelas IV SDN Tegal Dawa. Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia, 1(1), 11–22, http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v1i1.13727
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714
Fitria, A., Wijaya, M., & Danial, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Chemistry Education Review, 3(2), 163-171. https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13767
Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., & Miranda, L. L. (2021). Penguatan Numerasi Anak Tahap Awal Sekolah di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2231–2245. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5249
Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R. Manuhutu, M. A., Sudarso, A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Kita Menulis.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP: Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(1), 61–68. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682
Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847
Putri, R. W. B., Setiana, H., & Savitri, E. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 20 Semarang. Proceeding Seminar Nasional IPA Universitas Negeri Semarang, 157–164.
Simatupang, B. S., Nurhadi, M., & Purwati, W. (2022). Analisis Latar Belakang Ekonomi Keluarga Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas X-I SMAN 2 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 52–55.