Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas X SMKS GKE Agri Karya Bakti Dalam Pembelajaran Matematika Konten Barisan Aritmatika Dan Geometri Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Arantini Arantini Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Nanda Arista Rizki Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3321

Keywords:

Berdiferensiasi, Keterlibatan, Pembelajaran

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa kelas X SMKS GKE Agri Karya Bakti dalam pembelajaran matematika konten barisan aritmatika dan geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMKS GKE Agri Karya Bakti yang berjumlah 8 siswa. Pengumpulan data menggunakan  matrik penilaian dan observasi. Berdasarkan hasil matrik penilaian dan observasi  menunjukkan bahwa pada siklus I keterlibatan siswa 32,58% dengan kriteria kurang. Pada siklus II penerapan pembelajaran berdiferensiasi, model pembelajaran PBL mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran menjadi 73,37% dengan kriteria baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Futrah,M., & Ludhfiyah. (2017). Metodologi Penelitian. Malang: Jejak.

Kemendikbud Ristek (2023). Bahan Bacaan PPG Dalam Jabatan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Nababan, G., Purba, J. E., & Aji, K. (2021). Mengukur Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Online Siswa Kelas VII Di Sekolah ABC Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 100–109. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page100-109

Samsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning, Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Susanto, D., Kurniawan, T., Sihombing, S. K., Salim, E., Radjawane, M. M., Salmah, U., & Wardani, A. K. (2021). Matematika Untuk SMA/SMK Kelas X, Buku Guru 2021. Jakarta: Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Susanto, D., Kurniawan, T., Sihombing, S. K., Salim, E., Radjawane, M. M., Salmah, U., & Wardani, A. K. (2022). Matematika Untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Undang Undang Dasar 1945 BAB XIII Pasal 31 ayat (1). (1945). Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Arantini, A., Tindangen, M., & Rizki, N. A. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas X SMKS GKE Agri Karya Bakti Dalam Pembelajaran Matematika Konten Barisan Aritmatika Dan Geometri Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3321

Issue

Section

Articles