Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri

Main Article Content

Ghina Farida
Selviana Engol
Makrina Tindangen
Yulliono Yulliono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berupa E-LKPD Liveworksheets. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan suatu gambaran tentang respon siswa dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran matematika berupa E-LKPD Liveworksheets. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa yang terdiri dari 13 butir pertanyaan. Hasil respon siswa setelah menggunakan E-LKPD Liveworksheets berdasarkan indikator, yaitu: indikator format sebesar 69%, indikator relevansi sebesar 68%, indikator percaya diri sebesar 67% dan indicator ketertarikan yaitu 70%. Rata-rata hasil respon siswa dari semua pernyataan yaitu 70% yang berarti baik atau berada pada kategori positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Farida, G., Engol, S., Tindangen, M., & Yulliono, Y. (2024). Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 8-14. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3320
Section
Articles

References

Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339
Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.
Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitri, A., Kurniawati, N., & Mubaroh, Z. (2021). Respon Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcome). Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 153–159. https://doi.org/10.36815/majamath.v4i2.1099
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri Untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243
Indriani, S., Nuryadi, N., & Marhaeni, M. H. (2022). Respon Peserta Didik terhadap E-LKPD Berbantuan Liveworksheets sebagai Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat. Journal On Teacher Education. 3(2), 315–323. https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3962
Khartaningtyas, G. R., & Rosiana, L. (2020). Respon Peserta Didik Terhadap Keterlaksanaan Pembelajaran Dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry. Penda E-Jurnal: Pendidikan Sains. 8(2), 188–193.
Khoiriyah, U. (2023). Pengembangan E-LKPD Pembelajaran IPA Tipe Connected Berbasis Multi Representasi untuk meningkatkan Kemampuan Representasi dan Literasi Sains Peserta Didik. [Tesis, Universitas Lampung]. https://digilib.unila.ac.id/73807
Marlina. (2022). Pengembangan LKPD Online Berbantuan Live Worksheet pada Materi Permutasi Kombinasi. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 5(1), 247–258. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3636
Midroro, J. N., Prastowo, S. H. B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon siswa SMA Plus Al-Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3 Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika. 10(1): 8–14. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i1.23762
Rachman, F. A., Ahsanunnisa, R., & Nawawi, E. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA. ALKIMIA: Jurnal Ilmu Kimia Dan Terapan, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.19109/alkimia.v1i1.1326
Solikhin, F. & Wijanarko, A. (2023). Pelatihan Pembuatan E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Guru SMAN 2 Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 28–32. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1063
Widoyoko, S. E. P. (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wulandari, G. A. P. T., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan LKPD Liveworksheets Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. 7(1), 10–24. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.9603