FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 14 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1184Keywords:
Gaya Mengajar, Minat Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada salah satu faktor, yaitu gaya mengajar guru. Gaya mengajar guru sendiri terbagi lagi menjadi empat yaitu gaya mengajar klasikal, gaya mengajar teknologis, gaya mengajar personalisasi, dan gaya mengajar interaksional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunalan metode analisis linier berganda. Penelitian ini dilakukan di SMPN 14 Samarinda dengan jumlah populasi 239 dan sampel sebesar 150 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner dan wawancara. Hasil uji t diperoleh data sig. gaya mengajar klasikal (X1) sebesar 0,267 > sig. 0,05, nilai sig. gaya mengajar teknologis (X2) 0,372 > sig. 0,05, nilai sig. gaya mengajar personalisasi (X3) 0,001 < sig.0,05, dan nilai sig. gaya mengajar interaksional 0,065 > sig. 0,05 Artinya secara parsial hanya variabel gaya mengajar personalisasi yang berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hasil uji f diperoleh data sig. 0,000 < sig.0,05 yang artinya variabel bebas dalam penelitian ini secara simultan memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa.
Downloads
References
Rahman, Muh Hadiatur. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Mengajar Guru Tehadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI) 10(3):1858–4985.
Rajak, Danar, Nur Wahdan, and Iwan. 2018. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 4 Kota Cirebon. Vol. 3. doi: 10.24235/tarbawi.v3i1.2856.