ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1197Keywords:
Kesulitan Belajar, Mata pelajaran EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar ekonomi kelas XI IPS1 di SMA Negeri 16 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknis analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPS. Objek penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar ekonomi kelas XI IPS 1. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan wawancara. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif menggunakan rumus presentase P = F/N x 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan presentase rata-rata sebesar 65,4%. Sedangkan rata-rata untuk tiap indikator yang teridentifikasi menyebabkan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi diantaranya faktor minat belajar sebesar 73,3% (Kategori sedang), motivasi belajar sebesar 70% (Kategori sedang), kemampuan belajar sebesar 73,3% (Kategori sedang), kebiasaan belajar sebesar 43,3% (Kategori rendah), guru sebesar 80% (Kategori tinggi), lingkungan sekolah sebesar 66,7% (Kategori sedang), teman bergaul sebesar 46,70% (Kategori rendah) dan orang tua sebesar 70% (Kategoti sedang).
Downloads
References
Adiningsih, R., Reza, R., & Riyadi, R. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Sistem Daring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 49-62.
Andi Achru, P. Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Jurnal Idaarah, Vol. III, No. 2, Desember 2019.
Arikunto Suharsimi, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta : Aditya Media
Ciptarani, A. G. (2014). Pengaruh Teman Bergaul Dan Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Program Keahlian Akuntansi Di Smk Yp 17 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2015.
Darminto, 2010. Pengaruh Faktor Eksternal dan Berbagai Keputusan Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 8 No. 1.
Hanik, A. N. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Pendidikan Teknik Boga, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201-212.
Saputra, R. A., & Achadiyah, B. N. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Persepsi Siswa tentang Fasilitas Belajar, dan Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akutansi Kelas X1 IPS MAN 02 Batu. Journal of Accounting and Business Education, 2(3).
Sriningsih, E. Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menginterprestasikan Peta Tentang Pola dan Bentuk Muka Bumi melalui Media Peta Kelas IX SMP Negeri 2 Ampelgading pada Semester II Tahun Ajaran 2014/2015. Madaniyah, 5(2), 195064.
Sudijono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syah, M. (2019). Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yana, E., & Jayanti, R. P. (2014). Pengaruh lingkungan sekolah dan sikap peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2).