PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN
DOI:
https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.906Keywords:
Dukungan Orang tua, Motivasi Belajar DaringAbstract
Pendidikan saat ini sudah berkembang sangat pesat, pembelajaran dilakukan melalui jaringan internet yang dapat dilakukan kapan saja, pada pembelajaran yang dilakukan secara daring ini mahasiswa juga memelukan dukungan orang tua dalam proses pembelajaran agar meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar secara daring.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dukungan orangtua terhadap motivasi belajar daring pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif Kausal, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dan wawancara kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa dukungan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar daring.
Downloads
References
Afriansyah, Donal. 2014 “Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri 68 Kota Bengkulu”. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu
Alfikalia. (2017). Keterlibatan orangtua dalam pendidikan Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Inquiry Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 42–54.
Asri, M. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 1 Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
B. Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Isman, Muhamad. 2017. “Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring).” The Progressive and Fun Education Seminar: 586–588.
Nuranti, S. (2019). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Iis Di Sma Negeri 11 Makassar (Doctoral Dissertation, Ekonomi).
Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T. R., & Mislika, M. (2021). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73-77
Sugiyono, 2013, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.