ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN BERDASARKAN SAK ETAP PADA KOPERASI PERTANIAN SEMOGA JAYA DI KABUPATEN KUTAI TIMUR

  • Fenni Faraidhika Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Ilham Abu Universitas Mulawarman
Keywords: Laporan Keuangan, SAK ETAP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian laporan koperasi pertanian Semoga Jaya dengan SAK ETAP. Koperasi sebagai entitas tanpa akuntabilitas publik yang cukup berkembang di Indonesia sewajarnya telah mengetahui serta menerapkan standar yang tepat sebagai acuan pembuatan laporan keuangan. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa laporan keuangan yang dihasilkan koperasi belum menyajikan gambaran umum koperasi, dan informasi tentang dasar dalam  penyusunan  laporan  keuangan. Koperasi Pertanian Semoga Jaya termasuk dalam golongan entitas tanpa akuntabilitas publik sehingga untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas maka dalam menyajikan laporan keuangannya perlu menerapkan SAK ETAP. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan akuntansi yang dilakukan oleh koperasi masih sederhana dan belum sesuai dengan SAK ETAP. Hal tersebut karena kurangnya pengetahuan mereka mengenai SAK ETAP serta masih kurangnya sosialisasi ataupun pelatihan dari pihak pemerintah maupun lembaga, sehingga pemahaman akan pentingnya SAK ETAP masih belum dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Diakses pada 10 November 2021. https://sutaryofe.staff.uns.ac.id/files/2011/06/sak-etap.pdf
Ikhsan. 2018. Analisis Penerapan SAK ETAP dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada Koperasi Simpan Pinjam Berkat Cabang Pinrang. Jurnal Universitas Muhammadiyah, Makassar.
Kieso, Donald., Jerry Weygandt., Terry Warfield. 2011. Intermediate Accounting, IFRS Edition. John Wiley & Sons. Inc., USA.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI. Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 12/Per/M.KUKM/IX/2015. Tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi Sektor Riil
Rizca, F. C. M. 2018. Analisis Penerapan SAK ETAP Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada KSU SUMBER REZEKI KOTA BINJAI (Doctoral dissertation).
Rudianto.2012. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Erlangga
Septariani, J. 2018. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Koperasi Berdasarkan Sak-Etap Pada Koperasi Unit Desa. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 14(1), 64-83.
Setiady, Marry. 2012. Telaah Kesiapan Dan Prospek Implementasi SAK ETAP: Studi Kasus Pada Pengusaha UMKM Garmen Dipusat Grosir Suarabaya. Jurnal Berkala Ilmia Mahasiswa Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala. http://journal.wima.ac.id/ diakses 7 Februari 2016. Vol.1. No.1. Hal.79-83.
Vebiyanti, V. 2016. Analisis Penerapan SAK ETAP Pada Laporan Keuangan Entitas Koperasi (Studi Kasus pada Koperasi Kelompok Tani “Jaya Makmur” di Banyuwangi).
Published
2022-07-21
How to Cite
Faraidhika, F., Haidar, K., & Abu, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN BERDASARKAN SAK ETAP PADA KOPERASI PERTANIAN SEMOGA JAYA DI KABUPATEN KUTAI TIMUR. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 46-53. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1190
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>