IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.888Keywords:
Implementasi, Kebijakan, Sistem Zonasi, PPDBAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan dengan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini data dikumpulkan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori milik George C. Edward III. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi kebijakan sistem zonasi di SMP Negeri 9 Samarinda sudah berjalan dengan baik jika di tinjau dari indikator yang terdiri dari 4 (empat) mulai dari komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan disposisi. Komunikasi merupakan prioritas yang paling penting, karena sosialisasi kebijakan kepada kelompok sarana harus dilakukan secara jelas dan gamblang. Salah satu pendukung implementasi kebijakan adalah partisipasi masyarakat.
Downloads
References
Anisa, Takdir, M., & Anshar, S. (2021). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Pada SD Negeri 21 Jati Utara Kecmatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Ilmu Ekontrans & Erudisi, 1(1), 52-65.
Marina, K. (2019). "Implementasi kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada SMA Negeri di Kota Bandar Lampung". Skripsi FISIP. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Mashudi, A. (2019). Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA/SMK dalam Mendorong Pemerataan Kualitas Sumber Daya Manusia di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 186-206.
Mentri, P. d. (2017). Sistem Baru Penerimaan Peserta Didik Baru. Majalah Media Komunikasi dan Inspirasi Jendela Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, L. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif . Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Nurlailiyah, A. (2019). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Prilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Realita, 17(1), 13-21.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triwiniastuti C. S, & Sulasmono B. S. (2020). Evaluasi Program PPDB Berbasis Zonasi di SMP Negeri 2 Pabelan . Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 33-46.
Wijaya, C., Fuadi, A., & Hasibuan, S. (2020). Implementasi Kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menegah Pertama Kabupaten Langkat. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 162-177.