STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA FANNY’S FOOD SAMARINDA TAHUN 2021

  • Dita Pratiwi Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati Universitas Mulawarman
  • Indah Permatasari Universitas Mulawarman
Keywords: Strategi Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penerapan strategi pemasaran digital pada Usaha Fanny’s Food Samarinda. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif pendekatan data deskriptif. Teknik Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan Model Miles dan Huberman Analisis Interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran digital dengan konsep pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, & Physical Evidence) pada Usaha Fanny’s Food Samarinda cukup efektif didukung dengan omset penjualan dari bulan Januari-September 2021 mengalami kestabilan omset sekitar 20% perbulannya. Melalui penggunaan media sosial di era digital seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan aplikasi layanan delivery (GoFood/GrabFood) untuk memasarkan produk nya dengan kemudahan transaksi dan kemudahan konsumen dalam membuat keputusan pembelian yang efisien di era digital. produk yang ditawarkan kepada konsumen ditengah persaingan digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristawidia, I. B. (2018). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.351
Ayodya, W. (2019). UMKM 4.0 Strategi UMKM Memasuki Era Digital (Cetakan Pe). PT. Elek Media Komputindo.
Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Go-Jek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 31–40.
Hanani, H. (2021). Analisis strategi bauran pemasaran jasa di era ekonomi digital dalam upaya meningkatkan posisi persaingan: Studi kasus pada Kantor Pos Cabang Kota Lumajang Jawa Timur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hukum, M., & Manusia, H. A. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. In Jakarta. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun.
Lucyantoro, B., & Rachmansyah, M. (2018). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Ekonomika ’45, 5(1), 39–40.
Mastura, J., & Noer, F. (2018). STRATEGI PEMASARAN PRODUK DAN JASA MAHASISWA PKK FKIP UNSYIAH DI ERA DIGITAL. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(2), 73–78.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi humas : jurnal ilmiah ilmu hubungan masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Nomor 086507).
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 112-121.
Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.
Published
2022-07-21
How to Cite
Pratiwi, D., Ellyawati, N., & Permatasari, I. (2022). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA FANNY’S FOOD SAMARINDA TAHUN 2021. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 112-124. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1204
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>