HUBUNGAN PENDAPATAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MUARA MUNTAI

  • Muhammad Nor Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Mulawarman
Keywords: Hubungan Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu beberapa siswa yang memiliki prestasi yang tinggi dengan orang tua berpenghasilan rendah hingga sedang. Namun lebih banyak dari mereka merasa sulit ketika ingin mengerjakan tugas, karena ada beberapa siswa yang memiliki kekurangan dalam sarana pendidikan. Minimnya pendapatan orang tua membuat mereka sedikit terkendala dalam pendidikan meski hal tersebut tidak membuat semangat siswa menurun dalam menempuh pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar yang diinginkan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan orang tua dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan wawancara, angket, serta dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu Purposive Sampling. Data yang diolah menggunakan uji chi square dan uji t (parsial) dengan menggunakan SPSS Statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendpatan orang tua (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SMA Negeri 3 Muara muntai tidak terdapat pengaruh positif dimana pengaruh pendapatan orang tua dengan nilai Sig. 0,211 > 0,05 dan juga dapat diketahui bahwa dari hasil t hitung < dari t tabel sehingga dengan demikian Ho diterima sedangkan Ha di tolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, (2021) Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Palopo.
Arianto , (2018) Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Dwi Aprilia Matus, (2016). Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Orang Tua serta Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Bangkalan.
Dita Iswara, (2016). Pengaruh Tingkat Ekonomi Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD N 1 SIMO Tahun 2015/2016.
Herman Hadiyanto, (2014). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa SMA.
Kurnia Audita Cristyorini, (2018). Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menggunakan Electrinic Banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Lina Alfiana, (2018). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Didesa Kibang Kecamatan Mitro Kibang Kabupatem Lmpung Timur.
Lismayana, (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Peserta Didik Kwelas VIIIA SMP Negeri 3 Bandar Lampung.
Tuti Auliyah Tahir, (2014). Peranan Kerja Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI Yaspi Sambung Jawa Makassar.
Published
2022-07-21
How to Cite
Nor, M., Haidar, K., & Sutrisno, S. (2022). HUBUNGAN PENDAPATAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MUARA MUNTAI. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 33-39. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1187
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>