Faktor - Faktor yang Menunjang Perkembangan Usaha Dagang Tanaman Hias Kios Bunga “Lawu Indah” di Samarinda

Authors

  • Devia Roseline Irawan Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1202

Keywords:

Faktor Perkembangan Usaha

Abstract


Banyaknya peminat tanaman hias pada tahun 2020 menjadikan salah satu dari banyaknya usaha dagang tanaman hias memiliki peluang besar, salah satunya yang terjadi pada Kios Bunga “Lawu Indah” di Kel. Sambutan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang menunjang perkembangan usaha dagang Kios Bunga “Lawu Indah”. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik Pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Interaktif metode analisis dari Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa faktor - faktor yang menunjang perkembangan dari usaha Kios Bunga “Lawu Indah” terdapat faktor peluang, faktor manusia, faktor pengelolaan usaha, dan faktor pemasaran dan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Arumsari, D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Aryanti, H. G., Setiadi, I. O., Hastyorini, I. R., & Sari, K. (2015). Kewirausahaan. Klaten: Cempaka Putih.
Bukit, B., Malusa, T., & Rahmat, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Hariadi, R. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Berkembangnya Usaha Somay Kota Intan Metro. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro.
Handayani, I. S. (2013). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Wirausaha. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Herawati. N. (2013). Analisis Pengaruh Pendidikan, Upah, Pengalaman Kerja, Jenis Kelamin dan Umur Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Industri Shutllecock Kota Tegal. Skirpsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Maulidah, S. (2012). Pengantar Manajemen Agribisnis. Malang: Penerbit Universitas Brawijaya Press.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books. Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA, Salatiga.
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 112-121.
Rahman, A., Maimunah. (2011). Kajian Usaha Agribisnis Tanaman Hias di Kota Medan. Laporan Hasil Penelitian Universitas Medan Area.
Shalahuddin, I., Maulana, I., & Ereyani, T. (2018). Prinsip-Prinsip Dasar Kewirausahaan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sugiama, A. G. (2013). Manajemen Aset Pariwisata. Bandung: Guardaya Intimarta.
Waluyo. (2011). Perpajakan Indonesia. Edisi 10 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Roseline Irawan, D., Haidar, K., & Sutrisno, S. (2022). Faktor - Faktor yang Menunjang Perkembangan Usaha Dagang Tanaman Hias Kios Bunga “Lawu Indah” di Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 88–102. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1202

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>