Meningkatkan Kemampuan Pukulan Lob Melalui Latihan Memukul Shuttlecock Ke Dinding Pada Atlet Bulutangkis PB. Levi Jaya Samarinda

  • Muhammad Rifai
  • Didik Cahyono
  • Hendry Ismawan
  • Said Abdilah
Keywords: Permainan Bulutangkis, Pukulan Lob, Latihan Memukul Shuttlecock

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pukulan lob melalui latihan memukul shuttlecock ke dinding pada atlet bulutangkis di klub PB Levi Jaya Samarinda. Jenis penelitian ini, menggunakan jenis penelitian eksperiment dengan pre eksperimental designs. Adapun design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pre test-post test Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh atlet bulutangkis di klub PB Levi Jaya Samarinda yang berjumlah 20 orang atlet. Karena terbatasnya jumlah populasi, maka keseluruhan anggota populasi yang berjumlah 20 orang dijadikan sampel. Teknik analisis data menggunakan uji t (t test) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan kemampuan pukulan lob melalui latihan memukul shuttlecock ke dinding pada atlet bulutangkis di klub PB Levi Jaya Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai t hitung = 8,233 ≥ t tabel = 2.093. Adapun peningkatan kemampuan pukulan lob melalui latihan memukul shuttlecock ke dinding selama 2 bulan sebesar 14,39%. Peningkatan dari hasil latihan ini tergolong rendah hal ini dikarenakan atlet selama latihan selalu menjaga jarak dengan peneliti dengan kata lain mengikuti protokol kesehatan covid 19 sehingga peneliti sulit mengevaluasi kesalahan dari atlet tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi, S. & Muhajir. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud.
Dangsina muluk dan Sukardianto, 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.
Febri Kurniawan dan Apta Mylsidayu. 2015. Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung: Alfabeta.
Subardjah, Herman, 2000. Bulutangkis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Subardjah, Herman, 2007. Permainan Bulutangkis. Bandung: CV. Bintang Warli Artika.
Tengkudung, James dan Wahyuningtyas P. 2012. Kepelatihan Olahraga; Pembinaan Prestasi Olahraga Edisi II. Jakarta: Cerdas Jaya.
Wasis D. Dwiyogo, 2010. Penelitian Keolahragaan. Malang: UM. Press.
Published
2022-06-03
How to Cite
[1]
M. Rifai, D. Cahyono, H. Ismawan, and S. Abdilah, “Meningkatkan Kemampuan Pukulan Lob Melalui Latihan Memukul Shuttlecock Ke Dinding Pada Atlet Bulutangkis PB. Levi Jaya Samarinda”, Borneo.phy.ed., vol. 3, no. 1, pp. 58 - 65, Jun. 2022.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>