https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bpej/issue/feed Borneo Physical Education Journal 2025-07-22T07:46:32+08:00 Program Studi Pendidikan Jasmani bpej@fkip.unmul.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Borneo Physical Education Journal</strong> is an online journal published by the Physical Education Study Program, Teaching and Education Faculty of Mulawarman University in Indonesia, which was founded in 2020 and is published periodically online. It publishes articles with high standards on various aspects of physical education, physical activity, sports, and health. The journal facilitates effective communication events in all physical education sub-disciplines. Articles received will immediately appear online, followed by print in printed form. E-journals provide free and open access to all of its content on our website.</p> https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bpej/article/view/5100 Potensi Olahraga Dayung Stand Up Paddle Sebagai Alternatif Wisata Olahraga Di Kalimantan Selatan 2025-06-12T20:35:22+08:00 Januar Inggar Yadi januar.inggar@ulm.ac.id Rizal Ardiansyah didikcahyono86@gmail.com Fadli Suardhana Eka Putra didikcahyono86@gmail.com Achmad Maulana didikcahyono86@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pengembangan wisata olahraga Stand Up Paddle (SUP) sebagai daya tarik wisata olahraga di Kalimantan Selatan dengan mempertimbangkan aspek geospasial, sosial-budaya, dan keberlanjutan lingkungan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap faktor pendukung dan tantangan yang dihadapi dalam pengembangan wisata SUP di kawasan pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kalimantan Selatan memiliki potensi besar untuk pengembangan wisata SUP, didukung oleh kekayaan alam maritim dan meningkatnya minat terhadap olahraga luar ruang pasca-pandemi. Namun, beberapa tantangan muncul, antara lain kurangnya infrastruktur pendukung, keterbatasan pelatihan instruktur bersertifikat, dan kurangnya promosi digital. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya sinergi antara komunitas lokal, pemerintah, dan sektor swasta untuk menciptakan ekosistem wisata olahraga yang berkelanjutan. Kesimpulannya, pengembangan SUP di Kalimantan Selatan membutuhkan kebijakan yang mendukung, pelatihan instruktur yang berkualitas, serta strategi pemasaran digital yang efektif.</p> 2025-06-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Januar Inggar Yadi Januar, Rizal Ardiansyah, Fadli Suardhana Eka Putra, Achmad Maulana Didik https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bpej/article/view/5128 Menjelajahi Pengalaman dalam Mengevaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Kelas Inklusif 2025-06-14T00:11:37+08:00 Rizal Ardiansyah rizal.ardiansyah@ulm.ac.id Januar Inggar Yadi didikcahyono86@gmail.com Fadli Suardhana Eka Putra didikcahyono86@gmail.com Achmad Maulana didikcahyono86@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan yang dihadapi oleh guru saat mengevaluasi pendidikan jasmani di kelas inklusif. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatakan kualitatif melalui desain studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara mendalam dengan guru pendidikan jasmani yang bekerja di lingkungan pendidikan inklusif. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa mayoritas guru belum memiliki kompetensi dan kesiapan yang memadai dalam melakukan evaluasi yang adil dan inklusif. Kendala utama meliputi pengalaman langsung yang terbatas dengan peserta didik berkebutuhan khusus selama masa perkuliahan, kurangnya pelatihan profesional, serta ketiadaan pedoman evaluasi khusus. Guru juga sering kali mengandalkan metode evaluasi konvensional yang tidak memperhitungkan berbagai kemampuan peserta didik mereka. Selain itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belum sepenuhnya disesuaikan secara memadai untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan disabilitas.</p> 2025-06-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Rizal Ardiansyah, Inggar Yadi, Fadli Suardhana Eka Putra, Achmad Maulana https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bpej/article/view/5130 Analisis Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Pada Atlet Futsal Putra JPOK 2025-06-23T20:43:51+08:00 Fadli Suardhana Eka Putra fadli.suardhana@ulm.ac.id Rizal Ardiansyah didikcahyono86@gmail.com Januar Inggar Yadi didikcahyono86@gmail.com Achmad Maulana didikcahyono86@gmail.com Antonius Tuan Tana Ruron didikcahyono86@gmail.com <p>Tujuan penelitian yaitu adalah untuk melihat sejauh mana kecakapan teknik dasar permainan futsal pada atlet futsal JPOK men. Penelitian ini berfokus pada kemampuan pada permainan futsal yang meliputi kemampuan teknik dasar <em>passing</em>, <em>controlling</em>, <em>dribbling</em>, dan <em>shooting</em>. Berdasarkan penjabaran tersebut, penulis mengimplementasikan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui pendekatan survei dalam sebuah variabel yang tidak menghubungkan dengan variabel lain serta tanpa adanya perbandingan. Subyek penelitian ini terdiri dari atlet futsal JPOK men yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang diterapkan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan memanfaatkan instrument tes dan pengukuran. Penerapan instrumen pada penelitian ini adalah instrument “Tes Futsal FIK Jogja” yang telah diadopsi dan divalidasi isi dengan menerapkan validitas logis kepada para ahli dan validitas muka. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa atlet futsal JPOK men yang termasuk kedalam klasifikasi “sangat kurang baik” adalah sejumlah 1 orang (6%), klasifikasi “kurang baik” sejumlah 0 orang (0%), klasifikasi “cukup baik” sejumlah 2 (11%), klasifikasi “baik” sejumlah 8 orang (44%), dan klasifikasi “sangat baik” sejumlah 7 orang (39%). Berdasarkan hasil yang telah diuraikan, penulis menyimpulkan bahwa tingkat kemampuan keterampilan teknik dasar permainan futsal atlet JPOK men yang mencakup kemampuan <em>dribbling</em>, <em>passing</em> <em>controlling</em>, dan <em>shooting</em>.</p> 2025-06-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Fadli Suardhana Eka Putra https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bpej/article/view/4972 Analisis Keterampilan Teknik Servis Panjang Dan Servis Pendek Bulutangkis Pada Atlet Gemilang Badminton Club Samarinda 2025-07-22T07:46:32+08:00 Arif Setiawan arifstwn888@gmail.com Didik Cahyono didikcahyono86@gmail.com Nurjamal Nurjamal didikcahyono86@gmail.com Jance J Sapulete didikcahyono86@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan servis panjang dan pendek pada atlet Gemilang <em>Badminton Club</em> Samarinda. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan servis. Sampel penelitian terdiri dari 15 atlet (11 putra, 4 putri). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor servis panjang sebesar 40,67 dan servis pendek sebesar 56,13. Sebagian besar atlet berada dalam kategori Cukup, dengan 47% memiliki skor servis panjang pada rentang 38–43 dan 53% untuk servis pendek pada rentang 48–63. Hanya 7% atlet yang termasuk kategori Sangat Baik dalam servis panjang dan 13% dalam servis pendek. Sebanyak 26% atlet masuk kategori Kurang dan Sangat Kurang untuk servis panjang, sedangkan 27% pada servis pendek. Disimpulkan bahwa diperlukan latihan yang intensif dan sistematis guna meningkatkan keterampilan servis atlet.</p> 2025-06-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 arif setiawan, Didik Cahyono, Nurjamal Nurjamal, Jance J Sapulete https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bpej/article/view/4644 Analisis Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bola Voli Putri Klub Bapor Pertamina Balikpapan 2025-01-23T03:08:21+08:00 Dian Ayu Pratidina dianpratidin19@gmail.com Paryadi didikcahyono86@gmail.com Muhamamd Sukron Fauzi didikcahyono86@gmail.com Jance J Sapulete didikcahyono86@gmail.com Muhammad Saiin didikcahyono86@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan teknik dasar permainan bola voli putri Klub Bapor Pertamina Balikpapan, dengan fokus pada teknik Passing Bawah, Passing Atas, Servis, dan Smash. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi nyata kemampuan teknik dasar atlet tanpa adanya manipulasi atau perlakuan tambahan dalam proses pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari 10 atlet putri yang aktif di Klub Bapor Pertamina Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas atlet berada dalam kategori "baik" dalam penguasaan teknik dasar permainan bola voli. Secara spesifik, kemampuan teknik Passing Bawah memiliki nilai rerata 43,6 dengan distribusi yang cukup konsisten, di mana 80% atlet berada dalam kategori baik. Kemampuan Passing Atas menunjukkan rerata 46,8 dengan 90% atlet berada dalam kategori baik. Dalam tes Servis, rerata kemampuan atlet tercatat 22,5, di mana sebagian besar atlet (90%) berada dalam kategori baik sekali dan baik. Kemampuan Smash memiliki rerata 18,5, dengan 60% atlet berada dalam kategori baik. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Klub Bapor Pertamina Balikpapan memiliki potensi yang baik dalam penguasaan teknik dasar permainan bola voli, namun perlu adanya peningkatan lebih lanjut untuk atlet yang berada di kategori rendah guna meningkatkan daya saing tim. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pelatihan lebih difokuskan pada pengembangan teknik individu untuk meningkatkan kemampuan atlet secara keseluruhan.</p> 2025-06-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Dian Ayu Pratidina, Paryadi, Muhamamd Sukron Fauzi, Jance J Sapulete, Muhammad Saiin https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bpej/article/view/5432 VIRTUAL REALITY: TEKNOLOGI IMERSIF YANG TEPAT DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI 2025-07-18T21:48:33+08:00 Achmad Maulana achmad.maulana@ulm.ac.id Margaretha lasni Rhussary didikcahyono86@gmail.com Tri Nugroho didikcahyono86@gmail.com Rudobertus Talan didikcahyono86@gmail.com <p><em>Virtual reality</em> (VR) telah muncul sebagai inovasi yang menjanjikan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pendidikan jasmani. Penggunaan VR sebagai media pengajaran memberikan pengalaman interaktif dan imersif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep olahraga dan kebugaran. Dalam konteks pendidikan jasmani, VR memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam simulasi aktivitas fisik yang tidak hanya meningkatkan keterampilan motorik, tetapi juga mempromosikan gaya hidup sehat. Penelitian ini mengeksplorasi manfaat dan tantangan penerapan VR dalam pendidikan jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan implementasi teknologi VR digunakan pada saat pembelajaran pendidikan jasmani dan analisis&nbsp; <em>Strengths, Weaknesses, Opportunities, &amp; Challenges</em> (SWOC) dari <em>Virtual Reality</em>. Metode penelitian ini bersifat deskriptif berdasarkan hasil penelitian terdahulu. Hasil menunjukan bahwa solusi yang memadai untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menekankan terhadap keterlibatan siswa dan&nbsp; memberikan pengalaman baru terhadap pembelajaran, maka virtual reality menjadi pilihan yang tepat.</p> 2025-06-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Achmad Maulana, Margaretha lasni Rhussary, Tri Nugroho, Rudobertus Talan