Pengaruh latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan latihan dribbling rintangan jarak tetap terhadap kemampuan dribbling sepak bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan dribbling sepak bola pada siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda dengan melakukan latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan latihan dribbling rintangan jarak tetap. Jenis penelitian ini adalah eksperimen lapangan dengan melibatkan dua variabel bebas yaitu latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan latihan dribbling rintangan jarak tetap dan satu variabel terikat yaitu kemampuan dribbling sepakbola. Berdasarkan análisis data diperoleh hasil: (1) Ada pengaruh latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah Terhadap Kemampuan dribbling sepak bola Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda, terbukti nilai t hitung = 9,708 ≥ t tabel = 2,306 berarti H1 diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh latihan dribbling rintangan jarak tetap Terhadap Kemampuan dribbling sepak bola pada siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda, terbukti nilai t hitung = 14,307 ≥ t tabel = 2,306 berarti H1 diterima. (3) Tidak ada perbedaan pengaruh latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan latihan dribbling rintangan jarak tetap Terhadap Kemampuan dribbling sepak bola pada siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda, terbukti nilai t hitung = 0,438 < t tabel = 2,110 berarti Ho diterima dan H1 ditolak.
Downloads
References
Koger, Robert. 2007. Latihan dasar andal sepak bola remaja. Klanten: Macanan jaya kencana.
Rahmani,Mikanda. 2014. Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatig, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta PT Remaja Rosda Karya.
Zidane Muhdhor Al-Hadiqie. 2013. Menjadi pemain Sepak Bola Profesional. Kata Pena.
Copyright (c) 2020 Muhammad Aidil Arpat Aidil Arpat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.