Pengaruh latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan latihan dribbling rintangan jarak tetap terhadap kemampuan dribbling sepak bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda

Main Article Content

Muhammad Aidil Arpat Aidil Arpat
Hendry Ismawan
Ruslan Ruslan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan dribbling sepak bola pada siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda dengan melakukan latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan latihan dribbling rintangan jarak tetap.


            Jenis penelitian ini adalah eksperimen lapangan dengan melibatkan dua variabel bebas yaitu latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan latihan dribbling rintangan jarak tetap dan satu variabel terikat yaitu kemampuan dribbling sepakbola.


Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa ekstrakurikuler Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan sistem random sampling, terbagi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok A dengan latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan kelompok B dengan latihan dribbling rintangan jarak tetap. Jumlah keseluruhan sampel sebanyak 20 orang. Teknik análisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan teknik uji t-test.


Berdasarkan análisis data diperoleh hasil: (1) Ada pengaruh latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah Terhadap Kemampuan dribbling sepak bola Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda, terbukti nilai t hitung = 9,708 ≥ t tabel = 2,306 berarti H1 diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh latihan dribbling rintangan jarak tetap Terhadap Kemampuan dribbling sepak bola pada siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda, terbukti nilai t hitung = 14,307 ≥ t tabel = 2,306 berarti H1 diterima. (3) Tidak ada perbedaan pengaruh latihan dribbling rintangan jarak berubah-ubah dan latihan dribbling rintangan jarak tetap Terhadap Kemampuan dribbling sepak bola pada siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 15 Samarinda, terbukti nilai t hitung = 0,438 < t tabel = 2,110 berarti Ho diterima dan H1 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Koger, Robert. 2007. Latihan dasar andal sepak bola remaja. Klanten: Macanan jaya kencana.
Rahmani,Mikanda. 2014. Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatig, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta PT Remaja Rosda Karya.
Zidane Muhdhor Al-Hadiqie. 2013. Menjadi pemain Sepak Bola Profesional. Kata Pena.