Pengembangan Media Interaktif Berbasis HOTS dalam Sepak Bola Pada Kelas XI SMA N 1 PPU

  • Muhammad Zulkifli Ali penjas
  • Hendry Ismawan Universitas Mulawarman
  • Hamdiana Universitas Mulawarman
Keywords: HOTS, Sepak Bola, Sekolah Menengah Atas, Pengembangan media

Abstract

Pengembangan media interaktif berbasis dalam meningkatkan pembelajaran sepak bola pada siswa kelas X SMAN. 1. Bagaimana kelayakan pengembangan media interraktif berbasis HOTS dalam meningkatkan pembeajaran sepak bolapada siswa kelas X rumusan masalah di atas adalah untuk menghasilkan produk dan kelayakan media interaktif berbasis HOTS pada pembelajaran materi sepak bola untuk siswa SMA kelas X.Borg and gall (2003) mendefinisikan Educational R&D sebagai berikut.“penelitian dan pengembangan dalampendidikan didasarkan pada model penelitian dan pengembangan pada industry dimana hasil penelitian digunakan untuk merancang produk baru dan prosedur , dan selanjutnya di uji lapangan secara sistematis, dievaluasi dan disempurnakan sampai memenuhi kriteria yang spesifik yaitu efektivitas, kualitas, dan memenuhi standar” (Sugiyono 2019:34). Penilaian oleh ahli materi didapatkan persentase sebesar 87,5% atau termasuk dalam kategori layak Penilaian oleh guru mata pelajaran PJOK mendapatkan persentase 85,5% dikategorikan layak. Penilaian oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 76,5% di kategorikan layak.rata-rata penilaian secara keseluruhan adalah sebesar 79,62% atau termasuk dalam kategori layak sebagai media pembelajaranSiswa sebaiknya mempelajari PJOK dengan sungguh-sungguh terutama materi sepak bola dan membiasakan diri untuk mengkreasi, mengevaluasi dan menganalisis jika guru memberikan soal HOTS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agestiana, V. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE (Doctoral dissertation,UIN Raden Intan Lampung).

Al Munawar, A., & Hendrawan, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Pembelajaran Sepak Bola. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2), 62-69.

Budiarta, I. (2010). Pengembangan Multimedia Interaktif Model ADDIE Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SejarahSiswa Kelas X-1 Semester Genap Di SMAN 1 SUKASADA, Buleleng, Bali. Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Buhari, M. R., Nurjamal, N., Cahyono, D., Naheria, N., & Yamin, M. (2021). AVAILABILITY OF SPORTS HUMAN RESOURCES REVIEWED FROM SPORTS DEVELOPMENT INDEX IN SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 1(1), 272-279. https://doi.org/10.30872/escs.v1i1.920

Buhari, M. R., Nurjamal, N., Huda, M. S., Cahyono, D., Jufri, J., & Ruslan, R. (2021). Human Resource Management in Sports Judging from the Sports Development Index on Increasing Sports Achievement in Samarinda City. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(4), 736–746. https://doi.org/10.33369/jk.v5i4.19186

Cahyono, D. (2018). Model pembelajaran teknik dasar pencak silat berbasis multimedia. CENDEKIA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 66-75.

Cahyono, D. (2022). Model Pembelajaran Teknik Dasar Pencak Silat. Pena Persada.

Conklin, W. (2012). Higher order thinking skills to develop 21st century learners.

D. Cahyono, “ONLINE LEARNING IN THE PANDEMIC COVID -19: PERCEPTIONS OF PHYSICAL EDUCATION STUDENTS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 159-162, Jul. 2021 https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2802

Efendi, Rustam. 2016. Pengaruh Metode Latihan Practice Session, Test Session Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menendang Dalam Sepak Bola. JurnalPendidikan UNSIKA. Vol. 4 Nomor. 6.

Effendy, F. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Sepakbola. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olaraga Volume 4, No 1.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1).

Gunawan, A., Darmawan, D., & Maskur. (2017). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Model Tutorial Dalam Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olaraga Kesehatan Bidang Bola Basket Di SMAN 27 Garut. JTEP- Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2, Nomor 2.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman.

Hidayat, Fajar.2016.Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olaraga dan Kesehatan Materi Budaya Hidup Sehat Untuk Siswa SMA Kelas XI:Universitas Negeri Surabaya.

Huntington Beach, CA: Shell Education Publishing, Inc.

Indriyanti, Novi Yulia.2017.Pengembangan Media PembelajaranInteraktif Berbasis PPT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Studi Kasus: Siswa Kelas VB SDN Karangayu 02 Kota Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Khirunnisa, Anis.2016.Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015:Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kurdiono, A., & Sueprajitno. (n.d.). Pengembangan Media Video Pemberian Warming-UP Modifikasi Permainan Pada Mata Pelajaran Penjasorkes Siswa Kelas X Disekolah Menengah Atas Negeri 1 Kedungdung Sampang. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya .

Maslacha, H., Winarno, M., & Purnami, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Bola Besar Melalui MultimediaInteraktif Untuk Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 20 Malang. Pendidikan Jasmani.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani. Jakarta: Penerbit Yudistira. Nasution, Ahmad. 2018. Survei Teknik Dasar Bermain Sepak BolaPada Siswa SMKT Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan Makassar.

Nugraha, R. A. (Mei 2017). Pengembangan Media Interaktif BerbasisAdobe Flash CS4 Professional Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas 2 SD. Scholaria, Vol. 7 No 2.

Published
2022-12-01
How to Cite
[1]
M. Z. Ali, H. Ismawan, and Hamdiana, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis HOTS dalam Sepak Bola Pada Kelas XI SMA N 1 PPU”, Borneo.phy.ed., vol. 3, no. 2, pp. 94 - 102, Dec. 2022.

Most read articles by the same author(s)