SURVEI MINAT SISWA KELAS VII DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 47 SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat minat siswa kelas VII dalam pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 47 Samarinda.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif denga metode yang di gunakan survey dengan Teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 47 Samarinda yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian minat siswa kelas VII dalam mengikuti pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negri 47 Samarinda di katagorikan “ baik “ 18 siswa atau 60%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan minat siswa kelas VII dalam mengikuti pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negri 47 Samarinda di katagorikan “ baik “ Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat siswa kelas VII dalam mengikuti pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negri 47 Samarinda sudah cukup maksimal karena berada dalam katagori baik.
Downloads
References
Abdullah, F. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Malang: UMM.
Arikunto, S. (2006). Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.
Bimo, W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.
Cahyono D., Ramli Buhari & Jupri. (2021). Pelatihan Pemanduan Bakat dan Minat Olahraga Berbasis Teknologi Sport Search Pada guru Penjas di Daerah Penajam Paser Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5).
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan metode pembelajaran dalam dinamika Belajar siswa. Sleman: Penerbit Depublish.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Edy, S. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 109 tentang Penyelenggaraan Delianus, Sapulete J., & Paryadi. (2021). Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Sepakbola SMK Negeri Sendawar Kutai Barat. Borneo Physical Education Journal, 2(1).
Didik Cahyono. (2021). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Di SMA Negeri Kota Samarinda. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2).
Khairani, M. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ngalim, P. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramadani F., Paryadi & Nurjamal. (2022). Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK Di SMP Negeri 9 Samarinda. Borneo Physical Education Journal, 3(1).
Ruslan & Paryadi. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Takraw di Samarinda. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2).
Satriana et al. (2021). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Singarimbun, E. S.(2011). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Sugiyono, (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukron Fauzi, Cahyono D., Sapulete J., Learning Innovation Training (PAIKEM) Physical Education Based on The 2013 Curriculum for PJOK Teachers. Asian Journal of Community Services (AJCS), 1(2).
Sumadi, S. (2002). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sundayan, R, (2014). STATISTIKA PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta
Suparno, . (2014). Metode penelitian pendidikan IPA. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Yusuf, M. A. (2015). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Dan Koordinasi Mata - Tangan Terhadap Pukulan Smash Pada Bulutangkis Katagori Remaja Putra. Jurnal Kesehatan Olahraga, 3-4
Copyright (c) 2022 Dian Asri Ramadhani, Hendry Ismawan, Muchamad Samsul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.