Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa

  • Lukman Hakim
  • Lefudin Universitas PGRI Palembang
Keywords: Buku Ajar, Konsep Dasar IPA, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar Konsep Dasar IPA SD untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan modifikasi model pengembangan ADDIE dan model pengembangan Tessmer. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Kegiatan pada tahap analisis kebutuhan meliputi analisis materi, analisis buku-buku teks Konsep Dasar IPA SD dan karakteristik mahasiswa PGSD. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan didesain buku ajar dengan materi konsep dasar IPA sesuai dengan karakteristik mahasiswa PGSD. Desain buku ajar menjadi prototype buku ajar konsep IPA. Berdasarkan prototype buku ajar yang dihasilkan dikembangkan buku ajar konsep IPA SD. Hasil pengembangan buku ajar dinilai oleh ahli dan diujicobakan. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa N-gain pemahaman konsep mahasiswa adalah 0,72 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar Konsep IPA SD dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-12
How to Cite
Hakim, L., & Lefudin. (2020). Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 1-10. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.85
Section
Articles