Main Article Content

Abstract

Tujuan artikel ini untuk menjawab masalah  perkembangan pedagogi berbasis teknologi di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar) Indonesia, dan pentingnya inovasi dalam pembelajaran abad 21. Kerangka teori yang mendasari kajian ini adalah: teori pergeseran paradigma pembelajaran, dan teori Difusi Inovasi. Metode yang digunakan adalah libraryresearc. Data dianalisis menggunakan kerangka analisis deskriftif dengan mengadopsi paradigma interpretivis. Hasil kajian menunjukan bahwa sistem pembelajaran di daerah 3T saat ini dilaksanakan dengan pendekatan yang berpusat pada guru dan infrastrukturnya di kelas seperti buku teks dan masih berpedoman pada model penilaian yang klasik sehingga perlu adanya inovasi melalui berbagai metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Hasil kajian, merekomendasikan penelitian lebih lanjut diberbagai bidang berkaitan dengan pergeseran pedagogi sejalan dengan disrupsi digitalisasi pendidikan dewasa ini, khusunya di daerah terisolasi dari perkembangan teknologi digital agar mampu menyesuaikan model pendidikan pengajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Keywords

pedagogi abad 21 teknologi daerah 3T

Article Details

How to Cite
Lalay, M. O., & Long, M. L. (2022). Perkembangan Pedagogi Berbasis Teknologi: Suatu Kajian model pembelajaran abad-21 di daerah 3T di Masa Pandemi Covid 19. Yupa: Historical Studies Journal, 5(2), 101-110. https://doi.org/10.30872/yupa.v5i2.783

References

  1. 1. Lan Pham, Review of key paradigms: positivism, interpretivism and critical inquiry (2018)
  2. 2. John Dewey, How we think (1910)
  3. 3. Dewey, J. (2009). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. New York: WLC Books. (Original work published 1916)
  4. 4. John Dewey, Arthur BentleyKnowing and the Known. Beacon Press, Boston (1949).
  5. 5. William R. Scott, Financial Accounting Theory, 7th Edition (2015)
  6. 6. Kemendikbud, Kerangka Acuan program Kejar Mutu Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Dasar, (2021)
  7. 7. ISTE, Educators came from near and far to the 2018 (2018)
  8. 8. Helen Boholano Smart Social Networking: 21st Century Teaching and Learning Skills (2017)
  9. 9. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan
  10. 10. Rogers, E.M. Diffusion of innovations. New York: Free Press. ( 2003).
  11. 11. Goodwin, C.J. Research in psychology methods and design. (2010)
  12. 12. https://thinkstrategicforschools.com/education-21st-century/
  13. 13. Lazarov, Harpactea stoevi (2018)
  14. 14. https://mgmppenjasgresik.wordpress.com/2014/06/24/paradigma-pendidikan//
  15. 15. Mirzajani, Govender & Maistry; Uerz, Volman, & Kral, technology assimilation (2018)
  16. 16. Karahanna, E., Straub, D., & Chervany, N. The Interaction Effect of Perceived Competence and Goal Harmony on Perceived Usefulness (1999).
  17. 17. https://www.smeru.or.id/sites/default/files/publication/cp01_covidpjj_in_0.pdf
  18. 18. Quazi and Talukder, M, The Impact of Social Influence on Individuals' Adoption of Innovation. Journal of Organizational. (2011)
  19. 19. https://indopolitika.com/membangun-budaya-sekolah-baru-di-tengah -pandemi-2/
  20. 20. Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J, The technology acceptance model TAM, (2019).
  21. 21. Savery, J. R. Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Journal of Problem-based Learning, (2006).
  22. 22. Roland Bel Leadership and innovation Learning from the best 2009