Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/yupa.v3i2.203

Keywords:

pembelajaran sejarah, pembelajaran kontekstual, berpikir historis, pandemi COVID-19

Abstract

Merebaknya pandemi COVID-19 di seluruh dunia khususnya Indonesia memberikan dampak besar terhadap berbagai aktivitas manusia, tak terkecuali aktivitas pendidikan dan kegiatan pembelajaran di sekolah. Pembelajaran secara tatap muka di sekolah dihentikan sementara sejak bulan Maret 2020 hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Kejadian pandemi terbesar yang dialami umat manusia pada perempat awal abad-21 ini, tentu akan menjadi catatan sejarah baru. Peristiwa besar yang sedang terjadi ini dapat menjadi bahan pembelajaran sejarah yang kontekstual bagi pendidik dan peserta didik di sekolah menengah. Sehingga kajian ini bertujuan untuk menganalisis peluang pemanfaatan situasi pandemi COVID-19 sebagai materi pembelajaran sejarah kontekstual.  Hasil kajian mengetengahkan bahwa dalam kontekstualisasi ini perlu memperhatikan tahap penyusunan rencana pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran, kegiatan belajar berbasis portofolio, dan penilaian otentik. Kontekstualisasi pandemi COVID-19 dalam pembelajaran sejarah ini dapat melatih kemampuan berpikir historis peserta didik, mencari-temukan signifikansi historis, dan menumbuhkan empati historis. Selain itu kontekstualisasi ini adalah sebagai bentuk implementasi pembelajaran  sejarah yang adaptif dan responsif terhadap situasi, berorientasi pada nilai, dan melatih kreativitas pemanfaatan berbagai sumber dan media pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida, N. R. (2020). Update Virus Corona Dunia 30 April: 3,2 Juta Orang Terinfeksi, 997.181 Sembuh, 227.628 Meninggal. Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/30/080532665/update-virus-corona-dunia-30-april-32-juta-orang-terinfeksi-997181-sembuh

Amboro, K. (2015). Membangun Kesadaran Berawal Dari Pemahaman; Relasi Pemahaman Sejarah Dengan Kesadaran Sejarah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fkip Universitas Muhammadiyah Metro. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 3(2), 109. https://doi.org/10.24127/hj.v3i2.150

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Azhari, A. M. (2020). Pengembangan Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Peserta Didik Melalui Model Kontekstual. https://doi.org/https://doi.org/10.35542/osf.io/vux8k

Beck, M., & Tobin, D. (2020). The 2019/2020 Novel Corona Virus Outbreak: An International Health Management Perspective. The Open Public Health Journal, 13(1), 52–54. https://doi.org/10.2174/1874944502013010052

Black, L. (2011). History Teaching Today: Approaches and Methods. The European Commision Liasion Office.

Booth, A. (2003). Teaching History at University ; Enhancing Learning and Understanding. Routledge.

Boutonnet, V. (2016). Historial Agency and Videogame Play: A Case Study of Assassin’s Creed 3. In Joana Wojdon (Ed.), E-teaching History (pp. 115–133). Cambridge Scholars Publishing.

Bramasta, D. B. (2020). Update Virus Corona di Dunia 31 Maret: 781.485 Kasus, 164.726 Sembuh, 37.578 Meninggal. Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/073100765/update-virus-corona-di-dunia-31-maret-781485-kasus-164726-sembuh-37578

Camarillo, A. (2005). Reflection of a Historian on Teaching a Service-Learning Course About Poverty and Homeless in America. In I. Harkavy & B. M. Donovan (Eds.), Connecting Past and Present (pp. 103–115). Stylus Publishing.

Clark, P., & Levesque, S. (2018). Historical Thinking: Definitions and Educational Applications. In S. A. Metzger & L. M. Harris (Eds.), The Willey International Handbook of History Teaching and Learning (pp. 119–148). Willey-Blackwell.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (S. Z. Qudsy (ed.)). Pustaka Pelajar.

Dannari, G. L., & Muna, U. L. (2019). Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan memanfaatkan media Pembelajaran Majalah dan Kahoot Dalam Kegiatan Pembelajran Sejarah di SMAN 1Panggul Kelas XI IPS 1. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(2), 153–163. https://doi.org/10.17977/um033v2i22019p153

Darwin, C. (2015). The Origin of Species. Indo Literasi.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dowling, S. (2020). How global outbreaks are contained. Bbc.Com. https://www.bbc.com/future/article/20200422-how-disease-outbreaks-are-contained

Effendi, H. (2019). Kontekstualisasi Fungsi Bagas Godang dan Sopo Godang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal. Diakronika, 18(2), 19. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol18-iss2/66

Fadli, M. R., Sudrajat, A., Zulkarnain, Z., Aman, A., Setiawan, R., & Amboro, K. (2020). The Effectiveness of E-Module Learning History Inquiry Model to Grow Student Historical Thinking Skills Material Event Proclamation of Independence. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(08), 1288–1295. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/20146

Gautschi, P. (2016). “Histotainment” on the Tablet PC and in the Bourbaki Museum. In Joanna Wojdon (Ed.), E-teaching History (pp. 38–49). Cambridge Scholars Publishing.

Hakim, R. N. (2020). Update: Sebaran 700 Kasus Baru Covid-19 pada 31 Mei. Kompasiana.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/05/31/16302061/update-sebaran-700-kasus-baru-covid-19-pada-31-mei

Harriyadi. (2020). Wabah Penyakit dalam Catatan Sejarah di Indonesia. Balai Arkeologi Nasional. http://arkenas.kemdikbud.go.id/contents/read/article/67ihzv_1586426994/wabah-penyakit-dalam-catatan-sejarah-di-indonesia#gsc.tab=0

Haydn, T., & Ribbens, K. (2017). Social Media, New Technologies and History Education. In M. Carretero, S. Berger, & M. Grever (Eds.), Palgrave Handbook of Research in Historical Culture and Education (pp. 735–753). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/978-1-137-52908-4_38

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Janti, N. (n.d.). Penerjunan Tenaga Medis pada Wabah di Hindia Belanda. Historia.Id. Retrieved June 6, 2020, from https://historia.id/sains/articles/penerjunan-tenaga-medis-pada-wabah-di-hindia-belanda-Pzdk0

Kamarga, H. (2002). Belajar Sejarah Melalui E-Learning. Intimedia Jakarta.

Kyvig, D. E., & Marty, M. A. (2010). Nearby History: Exploring The Past Around You (Third Ed.). Altamira Press.

Lavoie, A. J., & Yelle, F. (2016). Using Video Games to Teach High School History: The Case of Civilization V. In Joanna Wojdon (Ed.), E-teaching History. Cambridge Scholars Publishing.

Levesque, S. (2008). Thinking Historically: Educating Students for the Twenty-First Century. University of Toronto Press.

Mardatila, A. (2020). Jenuh Karantina, Ini 19 Museum Virtual Dalam dan Luar Negeri yang Bisa Dikunjungi. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jateng/jenuh-karantina-19-museum-virtual-dalam-dan-luar-negeri-yang-bisa-dikunjung-kln.html

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Museum_Nasional. (2020). Bagaimana tour museum di tengah pandemi Covid-19? Museumnasional.or.Id. https://www.museumnasional.or.id/tour-museum-di-tengah-pandemi-covid-19-2715

Nieuwenhuyse, K. Van, Wils, K., Clarebout, G., Draye, G., & Verschaffel, L. (2015). Making the Constructed Nature of History Visible: Flemish Secondary History Education Trough the Lens of Written Examinations. In A. Chapman & A. Wilschut (Eds.), Joined-Up History; New Directions in History Education Research. Information Age Publishing Inc.

Nishiura, H., Jung, S., Linton, N. M., Kinoshita, R., Yang, Y., Hayashi, K., Kobayashi, T., Yuan, B., & Akhmetzhanov, A. R. (2020). The Extent of Transmission of Novel Coronavirus in Wuhan, China, 2020. Journal of Clinical Medicine, 9(2), 330. https://doi.org/10.3390/jcm9020330

Nugraheny, D. E. (2020). Update per 31 Maret: 1.528 Kasus Covid-19, Masyarakat Diajak Saling Beri Edukasi. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/01/06293531/update-per-31-maret-1528-kasus-covid-19-masyarakat-diajak-saling-beri

Oja, M. (2016). IT in History Teaching in Estonia: Challenges for the Teachers. In E-teaching History (pp. 64–74). Cambridge Scholars Publishing.

Orza, F. (2019). Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Kontekstual Sejarah Lokal. Bakaba: Jurnal Sejarah, Kebudayaan Dan Kependidika, 8(1), 39–47. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/bakaba/article/view/3456

Perdana, M. P. W. (2020). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Sejarah. https://doi.org/https://doi.org/10.35542/osf.io/8qy5f

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH: Buletin Hukum & Keadilan., 4(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/ 10.15408/adalah.v4i1.15394

Purwanta, H. (2019). Hakekat Pendidikan Sejarah (H. Joebagio (ed.)). CHERS & UNS Press.

Putri, G. S. (2020). Update Corona Dunia 31 Mei: 6,1 Juta Orang Terinfeksi, 2,7 Juta Sembuh. Kompasiana.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/31/101403523/update-corona-dunia-31-mei-61-juta-orang-terinfeksi-27-juta-sembuh

Putri, R. H. (n.d.). Wabah-Wabah Penyakit Pembunuh Massal. Historia.Id. Retrieved July 22, 2020, from https://historia.id/sains/articles/wabah-wabah-penyakit-pembunuh-massal-P7eL5

Putsanra, D. V. (2020). Bagaimana Virus Corona Bisa Menyebar dan Sebabkan Pneumonia di Cina. Tirto.Id. https://tirto.id/bagaimana-virus-corona-bisa-menyebar-dan-sebabkan-pneumonia-di-cina-et5p

Ridhoi, M. A. (2020). Sejarah Pandemi dan Epidemi di Dunia yang Memicu Gejolak Politik. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/berita/2020/03/25/sejarah-pandemi-dan-epidemi-di-dunia-yang-memicu-gejolak-politik

Roder, D. (2016). Smartphone Apps: Their Use of History and Use for History Teaching. In Joanna Wojdon (Ed.), E-teaching History (pp. 141–152). Cambridge Scholars Publishing.

Seixas, P. (2015). Looking for History. In A. Chapman & A. Wilschut (Eds.), Joined-Up History; New Directions in History Education Research (pp. 255–276). Information Age Publishing Inc.

Seixas, P. (2017). Historical Consciousness and Historical Thinking. In M. Carretero, S. Berger, & M. Grever (Eds.), Palgrave Handbook of Research in Historical Culture and Education (pp. 59–72). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/978-1-137-52908-4_3

Supriatna, N. (2007). Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Historia Utama Press.

Supriatna, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 73–82. https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16629

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Swantoro, P. (2016). Masa Lalu Selalu Aktual. Kepustakaan Populer Gramedia.

Tobing, A. G. L., & Riyanto, T. (2020). Asyik, Ada Virtual Tour Museum Saat Pandemi COVID-19. Beritajakarta.Id. http://www.beritajakarta.id/read/79639/asyik-ada-virtual-tour-museum-saat-pandemi-covid-19#.Xxglim0zbIU

Vinco, M. S. M. (2018). Kontekstualisasi Kehidupan Masa Praaksara di Indonesia: Analisis Buku Teks Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 1(2), 105–114. https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.10710

WHO. (2020). WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 – 11 March 2020. Www.Who.Int. https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020

Wiszewski, P. (2016). Digital or Cultural Challenges? A Polish History E-Textbook Written by the Older Generation for the Younger One. In Joanna Wojdon (Ed.), E-teaching History. Cambridge Scholars Publishing.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonnesia.

Downloads

Published

2020-07-28

How to Cite

Amboro, K. (2020). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 3(2), 90–106. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i2.203

Issue

Section

Articles