Kesalahan Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Matematika di Kelas VIII

  • Kasmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Ariantje Dimpudus Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Auliaul Fitrah Samsuddin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, SPLDV

Abstract

Peneliti mengambil materi SPLDV sebagai bahan penelitian dikarenakan berdasarkan hasil wawancara dengan guru diperoleh informasi bahwa siswa sering melakukan kesalahan dalam proses penyelesaian soal cerita dan SPLDV adalah salah satu materi yang dapat diaplikasikan dalam soal- soal cerita. Alasan peneliti memilih kesalahan siswa dalam memahami soal cerita karena dari hasil pengamatan pada pekerjaan siswa sebelumnya, siswa banyak salah dalam memahami soal sehingga menghasilkan kesimpulan yang salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memahami soal cerita dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif dengan siswa-siswi kelas VIII menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan penyajian data dalam bentuk tabel hasil observasi, tabel klasifikasi kesalahan siswa, dan transkip wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam memahami soal cerita adalah salah menuliskan apa yang diketahui, salah menginterpretasikan apa yang ditanya, dan melakukan operasi hitung dengan data yang ada tetapi hasilnya keliru. Faktor penyebab siswa salah dalam memahami soal cerita yaitu yaitu guru tidak memberikan contoh menyelesaikan soal cerita materi SPLDV, siswa kurang teliti dalam membaca soal, dan siswa masih bingung dengan penjelasan guru tentang proses penyelesaian SPLDV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, M. E., Sulangi, V. R., & Pulukadang, R. J. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Bitung. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(2), 77–84.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Hartini. (2007). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita kompetensi dasar menentukan sifat dan menghitung besar-besaran segiempat siswa kelas VII semester II tahun pelajaran 2006/2007. Tesis. Universitas Negeri Surakarta.
Hariyani, S., Aisyah, F. N. K., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11–22.
Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76.
Jemaru, F., Wena, I. M., Noviyanti, P. L. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menggunakan Prosedur Watson Pada Siswa Kelas VIII SMP TP 45 Denpasar Tahun Ajaran 2020/20221. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 1(2), 26-33.
Jupri, A., Drijvers, P., & van den Heuvel-Panhuizen, M. (2015). Improving Grade 7 Students’ Achievement in Initial Algebra Through a Technology-Based Intervention. Digital Experiences in Mathematics Education, 1(1), 28–58.
Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smk Kelas X Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 323–330.
Utari, E. D., (2019). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson's Error Category Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent - FIeld Independent. 8(5), 55.
Wardani, N., & Firmansyah, D. (2019). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Sesiomadika, 17–29.
Yanto, H. D., Kurniasih, N., & Darmono, P. B. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Make a Match Dan Inside Outside Circle Pada Materi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII. Ekuivalen: Pendidikan Matematika, 8(1),13–18.
Published
2023-07-30
How to Cite
Kasmawati, K., Dimpudus, A., & Samsuddin, A. F. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Matematika di Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 249 - 255. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2491