Analisis Komparasi Perbedaan IPK Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar

  • Nanda Arista Rizki Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Nurul Afifah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Thesalonica Graina Barung Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Ivan Novri Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Isran K. Hasan Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo
Keywords: Gaya belajar, IPK, Komparasi perbedaan, Kruskal-Wallis

Abstract

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan prestasi akademik Mahasiswa selama perkuliahan. Nilai IPK dapat dipengaruhi oleh gaya belajar. Penelitian terkait perbedaan IPK Mahasiswa calon guru matematika berdasarkan gaya belajar penting dilakukan, mengingat pada gilirannya mereka akan menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komparasi perbedaan nilai IPK Mahasiswa berdasarkan gaya belajarnya. Data diambil dari 111 Mahasiswa aktif yang masih mengambil mata kuliah. Analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif lalu dilakukan pengujian asumsi. Karena data tidak memenuhi asumsi, maka dilanjutkan dengan analisis non parametrik yaitu Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa tidak terdapat perbedaan nilai IPK Mahasiswa antar kelompok gaya belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. T., & Yoenanto, N. H. (2017). Pengaruh persepsi keterlibatan orang tua dan dukungan teman sebaya terhadap prestasi akademik mahasiswa bidikmisi Unair. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6(3), 43–52.
Arafah, A. A., Sukriadi, Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 258–366.
Asfirah, Haryaka, U., & Asyril. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Memiliki Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 68–74.
Awang, H., Samad, N. A., Faiz, N. S. M., Roddin, R., & Kankia, J. D. (2017). Relationship between the Learning Styles Preferences and Academic Achievement. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 226(1), 012193.
Fauziah. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 90–98.
Hodsay, Z. (2018). Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Antara Gaya Belajar Visual, Auditorial Dan Kinestetik Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 73–86.
Lestari, A., & Sugeng. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, Dan Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Dan SMAN 5 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10.
Mabruroh, A. N. (2021). Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 11–17.
Mustafid, M. F., Wedi, A., & Adi, E. P. (2020). Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Berdasarkan Gaya Belajar pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 6(2), 119–128.
Nugroho, D., Untu, Z., & Samsuddin, A. F. (2023). Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 52–62.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56–63.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3, 61–64.
Puspita, E., Juandi, D., & Rosjanuardi, R. (2020). Gaya Belajar dan Nilai Kalkulus Diferensial: Apakah Mempengaruhi IPK?. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 324–337.
Restianim, V., Pendy, A., & Merdja, J. (2020). Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Flores dalam Pemahaman Konsep Fungsi. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 3(2), 48–56.
Rizki, N. A., Fendiyanto, P., & Jariah, A. (2020). Perbandingan Klasifikasi Penjurusan Peserta Didik pada Model Diskriminan dan Regresi Logistik Multinomial. Metik: Jurnal, 4(2), 49–54.
Rizki, N. A., Wasono, & Nasution, Y. N. (2019). The Exploring of Student’s School Majoring Data at Madrasah Aliyah Negeri in Samarinda Using Linear Discriminant Analysis Models. Journal of Physics: Conference Series, 1277(1), 012047.
Rott, B., Törner, G., Dasdemir, J. P., Möller, A., & Safrudiannur. (2018). Views and Beliefs in Mathematics Education: The Role of Beliefs in the Classroom. Amsterdam: Springer.
Rusdiana, Sutawidjaja, A., Irawan, E. B., & Sudirman. (2018). Students Strategies In Solving Problem Of Patterns Generalization. International Journal of Scientific & Technology Research, 7, 132–135.
Safrudiannur, Labulan, P. M., Suriaty, Ngilawajan, D. A., Cahyono, A. N., Putra, Z. H., Pagiling, S. L., & Rott, B. (2023). Pre-service mathematics teachers’ beliefs: a quantitative study to investigate the complex relationships in their beliefs. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–7.
Sihaloho, I. M., Asyril, & Azainil. (2021). Pengaruh Keaktifan dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 1, 33–42.
Turmuzi, M., Kurniati, N., & Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gender Dan Gaya Belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25–37.
Wardhani, I. S., Hanik, U., & Wulandari, R. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 42–54.
Widyawati, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (IAIM NU) Metro. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 107–114.
Yahya, M. H. N., Rizki, N. A., Muhtadin, A., Cahyanti, A., & Fitriyati, D. (2022). Model pertumbuhan penduduk provinsi Kalimantan Timur berdasarkan jenis kelamin. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer, 3, 64–72.
Published
2023-07-30
How to Cite
Rizki, N. A., Afifah, N., Barung, T. G., Novri, I., & Hasan, I. K. (2023). Analisis Komparasi Perbedaan IPK Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 1-9. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2459