Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda

Authors

  • Rahmadina Cahya Ningrum Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Abdul Basir Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Achmad Muhtadin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

Keywords:

Kesiapan belajar, Hasil Belajar Matematika, Relasi dan fungsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 195 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh  sampel yaitu 129 siswa (lima kelas). Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika dan angket. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kesiapan belajar, sedangkan tes tersebut digunakan untuk memperoleh data mengenai tes hasil belajar pada materi relasi dan fungsi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kesiapan belajar berada pada kategori sedang dan rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori rendah. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai signifikansi variabel kesiapan belajar, yaitu 0,000 < 0,05 maka  ditolak, berarti terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsani, F. A., & Utami, R. E. (2024). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel ( SPLTV ). 68–75. https://doi.org/https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.711
Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391.
Busyaeri, A., Pgmi, D. J., Ilmu, F., Syekh, I., & Cirebon, N. (2019). Korelasi antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/ijee.v1i1.5415
Dewi, P. T., Puspadewi, K., & Wibawa, K. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. 20.
Fauziyah, Y. (2022). Hubungan kesiapan belajar matematika siswa dengan hasil belajar pada materi bangun datar. 5(1), 73–80. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.73-80
Fatimah, R. N., La Hadi, A., & Safaria, S. A. (2022). Matematisasi Pasar: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 91-100. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1391.
Febrianto, J., Fendiyanto, P., Suriaty, S., & Kukuh, K. (2023). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi Bilangan Bulat Dan Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 204 - 210.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. 1(2), 151–168.
Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193.
N. A. Rizki, I. Novri, A. Muhtadin, and P. Fendiyanto, “Aturan Asosiasi Media Sosial Favorit Mahasiswa Pendidikan Matematika Berdasarkan Cara Belajar dan Gaya Belajar”, JaMES, vol. 7, no. 1, pp. 43–52, Apr. 2024.
Nuryanti, D., Abdurrahman, & Ariawan, R. (2019). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. 7(2), 1–7.
Prasetyo, Kukuh, & Sugeng. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri Penajam Paser Utara. 3, 218–223.
Riani, R., Asyril, A., & Untu, Z. (2022). Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51-60. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1064
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 75 - 81.
Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sukma, F., Chamdani, M., & Susiani, T. S. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Se-Kecamatan Puring. 9. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v9i3.53035
Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Kemampuan Berhitung terhadap Hasil Belajar Matematika. 4(3), 517–528. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.517-528

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Ningrum, R. C., Basir, A., & Muhtadin, A. (2024). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 68–75. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4048