PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.903Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan MahasiswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pegawai perpustakaan, untuk mengetahui kepuasan mahasiswa, dan untuk mengetahui signifikansi pengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2016-2017 Universitas Mulawarman yang berjumlah 129 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat diketahui nilai thitung = 2,835 > ttabel 1,656, maka secara parsial ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan pegawai perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa prodi pendidikan ekonomi Universitas Mulawarman tahun 2019. Selanjutnya berdasarkan uji R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,426 yang artinya, variabel kualitas pelayanan pegawai perpustakaan mempengaruhi variabel kepuasan mahasiswa prodi pendidikan ekonomi sebesar 42%.
Downloads
References
Ibrahim, A. 2014. Konsep Dasar Manajemen Perpustakaan dalam Mewujudkan Mutu Layanan Prima dengan Sistem Temu Kembali Informasi Berbasis Digital. Jurnal Khizanah Al-Hikmah. 2(2) 129-131.
Tony, MN., dan Purwanto. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Bank Bni 46 Kantor Cabang Pembantu di Universitas Tarumanagara Jakarta. Jurnal Conference on Management and Behavioral Studies. 2(5) 108-112.