HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.900Keywords:
Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar, untuk mengetahui hasil belajar, dan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Samarinda yang berjumlah 90 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata/mean hasil belajar motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Samarinda adalah 58,82, atau dalam kategori sedang dan (2) rata-rata/mean hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Samarinda adalah 81,03 atau dalam kategori sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat diketahui nilai thitung = 0,210 > ttabel 0,046, maka secara parsial ada hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Samarinda.
Downloads
References
Isnaeni, S. N., dan Sumilah. 2018. Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn. 9(1). 14.
Mukhtar. R. 2015. Hubungan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta. 8-16.
Nugroho, F. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES pada Standar Kompetensi Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. 47.