PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO OENTHA PADA TAHUN 2024

Authors

  • Tenri Syafira SM Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/prospek.v6i1.4025

Keywords:

Harga, Promosi dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Harga dan promosi merupakan hal yang erat kaitannya dengan konsumen dalam menentukan pembelian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di Toko Oentha tahun 2024. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik sebagai uji perenang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga dengan kepuasan pelanggan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 7,182 > t tabel = 1,982. Maka terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara harga dengan kepuasan pelanggan Toko Oentha. Sedangkan pada variabel promosi produk tidak terdapat pengaruh yang signifikan positif promosi produk terhadap kepuasan pelanggan nilai signifikan 0,093 > 0,05 dan nilai thitung = 1,695 < t tabel 1,982. Maka tidak terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara promosi dengan kepuasan pelanggan.Terdapat pengaruh yang signifikan positif secara simultan harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung = 65,693 > F tabel = 3,08. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Harga, Promosi dan Kepuasan Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriana, R., Qomariah, N., Santoso, D. B., Uiversitas, F. E., & Jember, M. (n.d.). PENGARUH HARGA, PROMOSI, KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA OJEK ONLINE “OM-JEK” JEMBER EFFECT OF PRICE, PROMOTION, QUALITY OF SERVICE ON CUSTOMER SATISFACTION SERVICE OJEK ONLINE “OM-JEK” JEMBER (Vol. 7, Issue 2). Desember Hal.
Aristo, S. F. (2016). PENGARUH PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN WOLES CHIPS. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 1, Issue 4).
Dan Iptek, B., Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan Bandung, S., Pratama, Y., Heryanto, I., Dwiyanisa, A., Megawati, I., & Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (SURVEY PADA SALAH SATU PERUSAHAAN SEPEDA DI KOTA BANDUNG). http://jsm-synergy.com
Dedi Subagja, A., & Henri Kusnadi, I. (2019). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Wisata Pemandian Air Panas Ciater Spa Resort (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/bisnis
Diyatma, A. J. (n.d.). PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAKA BISTRO & BAR THE INFLUENCE OF PRODUCT PROMOTION THROUGH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TOWARDS PURCHASING DECISION IN SAKA BISTRO & BAR.
Ekonomi, J., Fakultas, S., Dan, E., & Islam, B. (n.d.). SKRIPSI PENGARUH PELAYANAN, OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA SERTA FASILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (Study Kasus Pengunjung Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Di Kota Metro).
Gunawijaya, R. (n.d.). KEBUTUHAN MANUSIA DALAM PANDANGAN EKONOMI KAPITALIS DAN EKONOMI ISLAM. www.ilmuekonom.net.
Itasari, A. A., Hindra Hastuti, N., & Supriyadi, A. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 5(2). https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i2.5069
Jurnal Ekonomi, J., Aprianti, I., & Putri Krismawati, J. (n.d.). JEMPER(Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan) http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/jemper PENGARUH CITRA MERK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAYOUTFIT BANDUNG MELALUI INSTAGRAM. http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/jemper
Kartika, O. :, Tjiptodjojo, I., Pengajar, S., Ekonomi-Universitas, F., & Maranatha, K. (2012). ODD PRICE: HARGA, PSIKOLOGI DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PURCHASE DECISION MAKING. In Jurnal Manajemen (Vol. 11, Issue 2).
Larika, W., & Ekowati, S. (n.d.). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE OPPO.
Maker: Jurnal Manajemen. (n.d.).
Manajemen, J., & Keuangan, D. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. 7(2).
Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006
Nurhayati -Pengaruh Citra Merek, S., Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta, H., & NURHAYATI Akademi Manajemen Administrasi Ypk Yogyakarta, S. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG DI YOGYAKARTA. IV(2).
Pasaribu, R. (2020). OPTIMALIZATION OF ONLINE MEDIA AS A SOLUTION FOR MSME MARKETING PROMOTION IN SEMARANG THROUGH COVID-19 PANDEMIC. Jurnal Komunikasi Dan Media, 01(01).
Pasaribu, R. (2021). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.24167/jkm.v1i1.2848
Prihatin, Y. T., Mursito, B., & Wijayanti, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Faktor Emosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di UD Toko Pelangi Surakarta. http://www.journal.uniba.ac.id/index.php/jmbi
Program, N. N., Bisnis, M., Manajemen, S., Bisnis, F., Ekonomi, D., Kristen, U., & Jl, P. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN NOACH CAFE AND BISTRO (Vol. 7, Issue 2).
Promosi, E., Peningkatan, D., Produk, P., Di, K., Blitar, K., Wahyudi, D., & Rahayu, S. (2019). EFEKTIFITAS PROMOSI DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK KOSMETIK DI KOTA BLITAR. Online) Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i1.720
Salman, A. B., Jamaluddin, A., Bakti, A., iinstitut, R., Hukum, I., Ekonomi, D., & Sengkang, L. (n.d.). Pengaruh Distribusi Air Bersih Terhadap Kepuasan Anggriana, R., Qomariah, N., Santoso, D. B., Uiversitas, F. E., & Jember, M. (n.d.). PENGARUH HARGA, PROMOSI, KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA OJEK ONLINE “OM-JEK” JEMBER EFFECT OF PRICE, PROMOTION, QUALITY OF SERVICE ON CUSTOMER SATISFACTION SERVICE OJEK ONLINE “OM-JEK” JEMBER (Vol. 7, Issue 2). Desember Hal.
Aristo, S. F. (2016). PENGARUH PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN WOLES CHIPS. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 1, Issue 4).
Dan Iptek, B., Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan Bandung, S., Pratama, Y., Heryanto, I., Dwiyanisa, A., Megawati, I., & Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (SURVEY PADA SALAH SATU PERUSAHAAN SEPEDA DI KOTA BANDUNG). http://jsm-synergy.com
Dedi Subagja, A., & Henri Kusnadi, I. (2019). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Wisata Pemandian Air Panas Ciater Spa Resort (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/bisnis
Diyatma, A. J. (n.d.). PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAKA BISTRO & BAR THE INFLUENCE OF PRODUCT PROMOTION THROUGH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TOWARDS PURCHASING DECISION IN SAKA BISTRO & BAR.
Ekonomi, J., Fakultas, S., Dan, E., & Islam, B. (n.d.). SKRIPSI PENGARUH PELAYANAN, OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA SERTA FASILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (Study Kasus Pengunjung Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Di Kota Metro).
Gunawijaya, R. (n.d.). KEBUTUHAN MANUSIA DALAM PANDANGAN EKONOMI KAPITALIS DAN EKONOMI ISLAM. www.ilmuekonom.net.
Itasari, A. A., Hindra Hastuti, N., & Supriyadi, A. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 5(2). https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i2.5069
Jurnal Ekonomi, J., Aprianti, I., & Putri Krismawati, J. (n.d.). JEMPER(Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan) http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/jemper PENGARUH CITRA MERK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAYOUTFIT BANDUNG MELALUI INSTAGRAM. http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/jemper
Kartika, O. :, Tjiptodjojo, I., Pengajar, S., Ekonomi-Universitas, F., & Maranatha, K. (2012). ODD PRICE: HARGA, PSIKOLOGI DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PURCHASE DECISION MAKING. In Jurnal Manajemen (Vol. 11, Issue 2).
Larika, W., & Ekowati, S. (n.d.). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE OPPO.
Maker: Jurnal Manajemen. (n.d.).
Manajemen, J., & Keuangan, D. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. 7(2).
Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006
Nurhayati -Pengaruh Citra Merek, S., Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta, H., & NURHAYATI Akademi Manajemen Administrasi Ypk Yogyakarta, S. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG DI YOGYAKARTA. IV(2).
Pasaribu, R. (2020). OPTIMALIZATION OF ONLINE MEDIA AS A SOLUTION FOR MSME MARKETING PROMOTION IN SEMARANG THROUGH COVID-19 PANDEMIC. Jurnal Komunikasi Dan Media, 01(01).
Pasaribu, R. (2021). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.24167/jkm.v1i1.2848
Prihatin, Y. T., Mursito, B., & Wijayanti, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Faktor Emosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di UD Toko Pelangi Surakarta. http://www.journal.uniba.ac.id/index.php/jmbi
Program, N. N., Bisnis, M., Manajemen, S., Bisnis, F., Ekonomi, D., Kristen, U., & Jl, P. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN NOACH CAFE AND BISTRO (Vol. 7, Issue 2).
Promosi, E., Peningkatan, D., Produk, P., Di, K., Blitar, K., Wahyudi, D., & Rahayu, S. (2019). EFEKTIFITAS PROMOSI DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK KOSMETIK DI KOTA BLITAR. Online) Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i1.720
Salman, A. B., Jamaluddin, A., Bakti, A., iinstitut, R., Hukum, I., Ekonomi, D., & Sengkang, L. (n.d.). Pengaruh Distribusi Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Danau Tempe Kabupaten Wajo. PRECISE: Journal of Economic, 1(2), 32.
Satria, A. A. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 2, Issue 1).
Senggetang, V., Mandey, S. L., Moniharapon, S., & Lokasi…, P. (2019). PEMBELIAN KONSUMEN PADA PERUMAHAN KAWANUA EMERALD CITY MANADO THE INFLUENCE OF LOCATION, PROMOTION AND PRICE PERCEPTION TO CONSUMER PURCHASE ON KAWANUA EMERALD CITY MANADO HOUSING. Jurnal EMBA, 7(1), 881–890.
Syarif Maulana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta Jln Arjuna Utara No, A., & Jeruk Jakarta, K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. In TOI Jurnal Ekonomi (Vol. 7, Issue 2).
Tampanguma, I. K., Kalangi, J. A. F., Program, O. W., Ilmu, S., & Bisnis, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado (Vol. 3, Issue 1).
Thungasal, C. E., & Siagian, I. H. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL KASUARI (Vol. 7, Issue 1).
Tjahjaningsih, E., Ekonomi, F., Stikubank, U., Kendeng, J., Bendan, V., & Semarang, N. (n.d.). PENGARUH CITRA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA PELANGGAN SUPERMARKET CARREFOUR DI SEMARANG).
Utomo, P., Maskur, A., & Ekonomi, J. I. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Store Atmosphere 40 Terhadap Kepuasan FOKUS EKONOMI PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN (Studi Pada Pelanggan Antariksa Coffeeshop Semarang). http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe
Wijoyo, H., & Sos, S. (n.d.). MANAJEMEN PEMASARAN DI ERA GLOBALISASI.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Tenri Syafira SM, Sudarman, S., & Ellyawati, N. (2024). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO OENTHA PADA TAHUN 2024. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 6(1), 24–36. https://doi.org/10.30872/prospek.v6i1.4025

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>