Main Article Content

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia menerapkan pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara dalam jaringan (daring). Akan tetapi, kebijakan ini menimbulkan dampak yang kurang baik berkaitan dengan aksesibilitas peserta didik terhadap penggunaan alat peraga konvensional yang ada di sekolah. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi hal ini adalah penggunaan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas video alat peraga papan zilat dalam pemahaman konsep operasi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian one group posttest only design. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas VII di salah satu SMP Swasta di Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan angket terbuka. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan analisis jejaring. Berdasarkan hasil penelitian, video alat peraga papan zilat efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terkait konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, namun tidak menunjukkan efektivitas yang signifikan dalam pemahaman konsep operasi perkalian dan pembagian.

Keywords

Operasi bilangan bulat Video pembelajaran Alat peraga Analisis jejaring

Article Details

How to Cite
Susanto, L. A. W., & Yudanti, E. (2020). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Pada Konsep Operasi Bilangan Bulat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 101-110. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.371

References

  1. Braun, V., & Clarke, V. (2012). Thematic analysis. APA Handbook Of Research Methods In Psychology, Vol 2: Research Designs: Quantitative, Qualitative, Neuropsychological, And Biological. 57-71. https://doi.org/10.1037/13620-004
  2. Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61-67. http://dx.doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
  3. Kamil, I. (2020). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh akibat Pandemi Covid-19 Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.com. Retrieved 23 October 2020, from https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19?page=all.
  4. Kristanto, Y.D., & Padmi, R.S. (2020). Analisis Data Kualitatif: Penerapan Analisis Jejaring untuk Analisis Tematik yang Cepat, Transparan, dan Teliti. https://doi.org/10.35542/osf.io/csah6
  5. Mehrotra, C., Hollister, C., & McGahey, L. (2001). Distance Learning: Principles for Effective Design, Delivery, and Evaluation. Sage Publications.
  6. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
  7. Saputra, M. E. A., Mujib. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173-179.
  8. Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1, 1-6.
  9. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta
  10. Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Pustaka Abadi
  11. Syamsidah, Khery, Y., & Mashami, R. (2018). Pengaruh Video Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 598-603. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.887