Main Article Content

Abstract

Penggunaan konteks yang sesuai pada pembelajaran matematika merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk membuat pembelajaran matematika dapat dirasakan manfaatnya oleh siswa serta dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education pada materi Aritmatika Sosial dengan menggunakan konteks pasar dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Solomon Four-Group Design. Sampel penelitian adalah 28 siswa SMP di Kabupaten Konawe Selatan. Pada kelas eksperimen, siswa dibawa langsung ke pasar tradisional untuk mempelajari konsep untung, rugi, rabat, bruto, tara, dan netto. Sedangkan, untuk mempelajari konsep diskon dilakukan lewat pasar digital. Hasil penelitian ini menunukan bahwa terdapat perbedaan minat siswa pada matematika antara kelompok yang diberikan perlakuan (treatment) dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji lanjut diperoleh bahwa setiap group memiliki perbedaan yang signifikan tentang tingkat minat siswa terhadap matematika. Terjadinya peningkatan nilai minat pada kedua group yang diberikan pendekatan RME baik yang diberi pre tes maupun yang tidak diberi pre tes menunjukan bahwa perubahan yang terjadi karena perlakuan, bukan karena adanya pre tes. Temuan ini menujukkan bahwa penerapan pendekatan RME efektif untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran matematika.

Keywords

Minat siswa terhadap Matematika Pendekatan RME Aritmatika Sosial Pasar

Article Details

How to Cite
Fatimah, R. N., La Hadi, A., & Safaria, S. A. (2022). Matematisasi Pasar: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 91-100. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1391

References

  1. Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.
  2. Anigbo, L. C., & Idigo, E. (2015). Factors Affecting Students’ Interest In Mathematics In Secondary Schools In Enugu State. Journal of Science & Computer Education, 3(3), 17–26.
  3. Arthur, Y. D., Oduro, F. T., & Boadi, R. K. (2014). Statistical Analysis Of Ghanaian Students’ Attitude And Interest Towards Learning Mathematics. International Journal of Education and Research, 2(6), 661–670.
  4. Bray, A., & Tangney, B. (2016). Enhancing Student Engagement through the Affordances of Mobile Technology: A 21st Century Learning Perspective on Realistic Mathematics Education. Mathematics Education Research Journal, 28(1), 173–197. https://doi.org/10.1007/s13394-015-0158-7
  5. Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1310
  6. Frenzel, A. C., Goetz, T., Pekrun, R., & Watt, H. M. G. (2010). Development of Mathematics Interest in Adolescence: Influences of Gender, Family, and School Context. Journal of Research on Adolescence, 20(2), 507–537. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2010.00645.x
  7. Freudenthal, H. (1973). Mathematics as an Educational Task. Reidel Publishing Company.
  8. Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education [Phd Thesis 4 Research NOT TU/e / Graduation NOT TU/e)]. CD-ß Press, Freudenthal Institute.
  9. Hadi, S., & Farida, F. S. (2012). Pengaruh Minat, Kemandirian, Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Ungaran. Dinamika Pendidikan, 7(1), Art. 1. https://doi.org/10.15294/dp.v7i1.4913
  10. Herawaty, D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP Di Kota Bengkulu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3102
  11. Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The Four-Phase Model of Interest Development. Educational Psychologist, 41(2), 111–127. https://doi.org/10.1207/s15326985ep4102_4
  12. Kurniasih, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematical Education (RME) untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Prembun Tahun Pelajaran 2014/2015. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(3), Art. 3. https://doi.org/10.30738/wd.v3i3.2251
  13. La Hadi, A. & Kadir. (2017). Kemampuan Calon Guru Dalam Mengajukan Contextual Word Problems Tentang Pengurangan Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Riset Kuantitatif Terapan 2017, 1(1), Art. 1.
  14. Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
  15. Luo, Z., Dang, Y., & Xu, W. (2019). Academic Interest Scale for Adolescents: Development, Validation, and Measurement Invariance With Chinese Students. Frontiers in Psychology, 10, 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02301
  16. Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
  17. Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149
  18. Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Hasil Ujian Nasional Matematika Siswa. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id
  19. Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. Reka Karya Amerta.
  20. Safitri, F. N., & Kustini, S. (2014). Pengaruh Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2), Art. 2.
  21. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
  22. Stevens, T., & Olivarez, A. (2005). Development and Evaluation of the Mathematics Interest Inventory. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 38(3), 141–152. https://doi.org/10.1080/07481756.2005.11909775
  23. Subijanto. (2015). Kebijakan Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(2), Art. 2. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i2.181
  24. Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Rajawali Pers.
  25. Tembe, N., Igber Anyagh, P., & Ogbole Abakpa, B. (2020). Students Mathematics Interest as Correlate of Achievement in Mathematics: Evidence from a Sub-Saharan Student Sample. ScienceOpen Preprints, 1–15. https://doi.org/10.14293/S2199-1006.1.SOR-.PPLYPGG.v1
  26. Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 012028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028