Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penalaran spasial dari 61 siswa laki-laki dan 63 jenis kelamin perempuan berusia 12-14 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan dua analisis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Instrumen menggunakan tes pemecahan masalah geometri (TPMG). Tes ini terdiri dari tiga pertanyaan berdasarkan visualisasi spasial, rotasi mental, dan orientasi spasial. Setelah siswa bekerja di TPMG, 45 siswa jender laki-laki dan 47 siswa jender perempuan menjawab dengan benar masalah nomor 1, 41 siswa jender laki-laki dan 46 siswa jender perempuan yang menjawab dengan benar pertanyaan nomor 2, dan 37 siswa jender laki-laki dan 36 siswa jender perempuan yang menjawab benar masalah tidak. 3. Dalam menyelesaikan TPMG, ada perbedaan antara siswa dan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, untuk jenis kelamin laki-laki dapat memecahkan masalah dengan hanya menggambar jaring kubus di dimensi 2 sementara perempuan gender membuat jaring dari kertas keras untuk menyelesaikan TPMG.

Keywords

Penalaran Spasial Gender Pemecahan Masalah

Article Details

How to Cite
Kurniawan, K. (2019). Penalaran Spasial Siswa Pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21-26. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.137

References

  1. Mullis, I.V.S., Martin M.O., Foy, P., Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center. Boston College.
  2. Risalah, D., et.al. (2016). Case Study Spatial Reasoning in Student Junior High School Solve Problems Geometry. IQSR Journal of Mathematics, Vol 12 Issue 6. pISSN 2319-765X.
  3. Simatwa, E.M.W. (2010). Piaget's Theory on Intellectual Development and Its Implication for Instructional Management at Presecondary School Level. Educational Research and Review, Vol 5. ISSN 1990-3839.
  4. Stacey, K. (2010). Mathematics Teaching And Learning To Reach Beyond The Basics. Research Conference: University of Melbourne.
  5. Subarinah, S. (2013). Profil Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematik Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Makalah PROSIDING Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY ISBN : 978–979–16353–9–4.