Main Article Content

Abstract

Museum Probolinggo memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan benda bersejarah dan wisata edukasi.  Selain kedua fungsi tersebut, Museum probolinggo dapat dimanfaatkan sebagai koneksi matematika dengan budaya untuk menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan tidak monoton di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi etnomatematika yang terdapat pada Museum Probolinggo yang dapat memperkaya pengetahuan matematika peserta didik, khususnya pada soal kontekstual untuk mendekatkan dengan kehidupan sehari-hari. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bangunan Museum terdapat unsur matematis yaitu geometri bangun datar maupun bangun ruang serta pola barisan.

Keywords

Identifikasi Etnomatematika Museum Probolinggo

Article Details

How to Cite
Wahyuni, I., & Alifia, A. L. W. N. (2022). Identifikasi Etnomatematika Pada Museum Probolinggo. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 141-148. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1136

References

  1. Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 159-170.
  2. Anggraeni, S. M., Srijaya, I. W., & Kristiawan. (2020). Arsitektur Kolonial di Heerenstraat dalam Upaya Pelestarian Warisan Budaya Kota Probolinggo, Jawa Timur. Humanis, 24(2), 200. https://doi.org/10.24843/jh.2020.v24.i02.p12
  3. Arta, M., & Ansosry, A. (2019). Rancangan Teknis Stockpile 2 Di PT Bukit Asam Tbk, Unit Pelabuhan Tarahan—Lampung. Bina Tambang, 4(1), 266-275.
  4. Bayu, D. Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Langkanae Di Kota Palopo [Institut Agama Islam Negeri Palopo]. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3090/
  5. Budiono, E. M. A., Sugiyanto, Soepeno, B., & Puji, R. P. N. (2021). Probolinggo Museum As Education Tourism 2011-2019. Jurnal Historica, 5(1), 1–18.
  6. Cahyanti, E. D., Sugiarti, T., Monalisa, L. A., Susanto, & Yudianto, E. (2020). Etnomatematika Pada Aktivitas Pembuatan Batik Motif Tembakau Di Rumah Produksi Batik Nhora Pengestu Ambulu Sebagai Bahan Paket Soal Tes. KadikmA, 11(2), 9–22. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i2.19797
  7. D’Ambrosio, U. (2001). Ethnomathematics: Link between traditions and modernity. Sense Publishers.
  8. Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.
  9. Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 99–110. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
  10. Ibrahim, N. S. W. (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi. Jurnal PEKA, 4(2), 35–40. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.819
  11. Iskandar, D. (2021). Etnomatika Pada Permainan Setatak Sebagai Bahan Pembelajaran Bangun Datar (Lingkaran, Persegi dan Persegi Panjang). Jurnal PEKA, 4(2), 52–56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847
  12. Nada, Q., Darmawan, P., & Yohanes, B. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 77-85.
  13. Safitri, J. D., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Upacara Adat Pernikahan Suku Lampung, Jawa, Dan Bali. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 386-392.
  14. Wati, L. L., Mutamainah, A., Setianingsih, L., & Fadiana, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259
  15. Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.24806