Main Article Content

Abstract

Etnomatematika merupakan konsep matematika yang terdapat di dalam suatu budaya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji etnomatematika pada tradisi methik pari yang ada di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desain penelitian ini yaitu etnografi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi methik pari telah menjadi kepercayaan dan kebiasaan yang dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat tani Desa Pamotan. Tradisi ini juga dilakukan sebagai bentuk ucapan syukur atas kelancaran dalam bercocok tanam. Aktivitas fundamental matematis yang diperoleh meliputi menghitung yang memuat konsep peluang, penjumlahan, pengurangan dan pembagian, menempatkan yang memuat konsep perbandingan, mendesain yang memuat bentuk-bentuk geometri seperti persegi, persegipanjang, lingkaran dan kerucut, bermain yang memuat konsep penentuan nilai optimum dan menjelaskan yang memuat konsep himpunan.

Keywords

Etnomatematika Methik Pari Aktivitas Fundamental Matematis

Article Details

How to Cite
Kristanti, M., Rofiki, I. R., & Masamah, U. M. (2022). Eksplorasi Aktivitas Matematis Pada Tradisi Methik Pari. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 71-80. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1111

References

  1. Alangui, W. V. (2010). Stone walls and water flows: Interrogating Cultural Practice and Mathematics [Thesis]. The University of Auckland.
  2. Begg, A. (2001). Ethnomathematics: Why, and what else? ZDM, 33(3), 71–74. https://doi.org/10.1007/BF02655697
  3. Bishop, A. J. (1991). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education. Kluwer Publishing Publishers.
  4. Borba, M. C. (1990). Ethnomathematics and Education. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
  5. D’ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5.
  6. Fitriyah, A. (2021). Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Weh-wehan di Kecamatan Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.14691
  7. Khanafiah, Z. (2019). Kajian Etnomatematika Terhadap Tradisi Upacara Potong Rambut Gembel (Ruwatan) Masyarakat Kabupaten Wonosobo Dalam Rangka Penentuan Aspek-Aspek Matematis Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.1-15
  8. Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.
  9. Kurniawan, A. P., Anam, A. C., Abdussakir, A., & Rofiki, I. (2019). Integrasi Etnomatematika Dengan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Melatih Komunikasi Matematis Siswa. MaPan : Jurnal matematika dan Pembelajaran, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a1
  10. Latif, N. S., & Talib, A. (2021). Development of Ethnomathematics E-Modules Based on Local Wisdom to Improve Students’ Cultural and Civic Literacy. 112–120. https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.211211.020
  11. Lestari, F. D. A., Lystia, S. N., & Prasetyo, D. A. B. (2020). Etnomatematika Pada Tradisi Pernikahan Masyarakat Desa Giring Kecamatan Paliyan. Prosiding Sendika, 6(2), 162–171.
  12. Setiawan, H., Fauzan, A., & Arnawa, I. M. (2021). The Development of Geometrical Learning Devices Based On Rumah Gadang Ethnomathematics for Grade VII Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1), 012003. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012003
  13. Suraida, S., Supandi, S., & Prasetyowati, D. (2019). Etnomatematika pada Perhitungan Weton dalam Tradisi Pernikahan Jawa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 172–176. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4464
  14. Utami̇, N. W., Sayuti̇, S. A., & Jai̇lani̇, J. (2020). An ethnomathematics study of the days on the Javanese Calendar for learning mathematics in elementary school. İlköğretim Online, 1295–1305. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.728063
  15. Zuhra, M., Anwar, & Mailizar. (2021). The Development Of Ethnomathematics-Based Mathematics Students Worksheet For Junior High Schools Using Contextual Approach. AIP Conference Proceedings, 2331(1), 020025. https://doi.org/10.1063/5.0045499