Main Article Content

Abstract

Kemampuan berpikir kritis memiliki peran penting pada perkembangan diri siswa, dikarenakan siswa dapat berpikir dan menganalisis permasalahan secara rasional dan objektif, namun di beberapa sekolah menengah khusunya pada tingkat SMP yang terbilang sekolah unggulan kemampuan berpikir kritis yang masih tergolong dalam kategori rendah.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik pada salah satu SMP unggulan di wilayah kabupaten Sleman. Indikator dalam penelitian ini menggunakan 4 indikator yaitu, menganalisis kebenaran dari suatu pertanyaan atau pernyataan, menyatakan kebenaran dari suatu pertanyaan atau pernyataan, mengungkapkan pendapat, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma post-positivisme. Subjek di dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang berjumlah 4 orang di salah satu SMP unggulan di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari 2 soal dengan materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP unggulan di Kecamatan Kalasan sudah sangat baik.

Keywords

Berpikir Kritis SMP Unggulan Kabupaten Sleman

Article Details

How to Cite
Jana, P., Septiadji, Y., & Saefudin, A. A. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Salah Satu SMP Unggulan Di Wilayah Sleman. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 111-120. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1088

References

  1. Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38-49. https://doi.org/10.15294/eej.v4i1.7800
  2. Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Graded Response Models. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103-112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.346
  3. Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
  4. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  5. Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, 6(2), 119-131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
  6. Nurizzati, Y. (2016). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa IPS. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 1(2), 93-108. https://doi.org/10.24235/edueksos.v1i2.381
  7. Rahmawati, N. T. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa pada Pembelajaran SSCS dengan Tinjauan Metakognisi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4(1), 150–160.
  8. Rohaeti, E. E. (2010). Critical And Creative Mathematical Thinking Of Junior High School Students. Educationist, 4(2), 99–106.
  9. Shara, J., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Fungsi Kuadrat. Journal on Education, 1(2), 450-456. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.95
  10. Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116-122. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616
  11. Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19-28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076