Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Salah Satu SMP Unggulan Di Wilayah Sleman
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1088Keywords:
Berpikir Kritis, SMP Unggulan, Kabupaten SlemanAbstract
Kemampuan berpikir kritis memiliki peran penting pada perkembangan diri siswa, dikarenakan siswa dapat berpikir dan menganalisis permasalahan secara rasional dan objektif, namun di beberapa sekolah menengah khusunya pada tingkat SMP yang terbilang sekolah unggulan kemampuan berpikir kritis yang masih tergolong dalam kategori rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik pada salah satu SMP unggulan di wilayah kabupaten Sleman. Indikator dalam penelitian ini menggunakan 4 indikator yaitu, menganalisis kebenaran dari suatu pertanyaan atau pernyataan, menyatakan kebenaran dari suatu pertanyaan atau pernyataan, mengungkapkan pendapat, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma post-positivisme. Subjek di dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang berjumlah 4 orang di salah satu SMP unggulan di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari 2 soal dengan materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP unggulan di Kecamatan Kalasan sudah sangat baik.
Downloads
References
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38-49. https://doi.org/10.15294/eej.v4i1.7800
Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Graded Response Models. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103-112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.346
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, 6(2), 119-131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nurizzati, Y. (2016). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa IPS. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 1(2), 93-108. https://doi.org/10.24235/edueksos.v1i2.381
Rahmawati, N. T. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa pada Pembelajaran SSCS dengan Tinjauan Metakognisi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4(1), 150–160.
Rohaeti, E. E. (2010). Critical And Creative Mathematical Thinking Of Junior High School Students. Educationist, 4(2), 99–106.
Shara, J., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Fungsi Kuadrat. Journal on Education, 1(2), 450-456. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.95
Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116-122. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19-28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.