Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menginternalisasikan konsep matematika materi geometri pada pola bangunan Masjid Al-Falah Jember dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bangunan Masjid Jami’ Al-Falah Jember terdapat beberapa konsep matematika serta materi geometri di dalamnya. Konsep matematika yang ada pada Masjid Jami’ Al-Falah Jember yaitu setengah lingkaran, persegi, trapesium, lingkaran, belah ketupat, persegi panjang, dan juga segitiga. Materi geometri diantaranya adalah sifat transformasi geometri dilatasi dan refleksi. Konsep matematika yang terdapat pada Masjid Jami’ Al-Falah Jember dapat digunakan serta dimanfaatkan pendidik untuk memperkenalkan konsep matematika kepada siswa khususnya materi geometri tujuannya adalah supaya siswa lebih mudah memahami materi geometri melalui budaya lokal.

Keywords

Geometri Konsep Matematika Masjid Al-Falah Jember

Article Details

How to Cite
Sukmawati, E., Ilmiah, I., Jannah, M. A., Wiratama, V. P., & Fauzi, I. (2022). Internalisasi Konsep Matematika Materi Geometri Melalui Identifikasi Pada Masjid Al-Falah Jember. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 41-50. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1060

References

  1. Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. E., & Sulistrani, N. (2019). Ethnomatika (Belajar Konsep Matematika Menggunakan Budaya Nusantara). UMM PRESS. https://ummpress.umm.ac.id/katalog/detail/ethnomatikabelajarkonsepmatematikamenggunakanbudayanusantara.html
  2. Fauzi, I. (2019). Etika Profesi Keguruan. IAIN Jember Press.
  3. Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
  4. Hari, B. S. (2019). Mengenal Bangun Datar. Duta.
  5. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2010). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Marsigit dkk. (2008). Matematika SMA Kelas XII Program IPA. Quadra.
  7. Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta.
  8. Muklisin, A., Hasanah, B., & Silviani, S. (2020). Matematika Keislaman: Identifikasi Penggunaan Konsep Matematika pada Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 43–47.
  9. Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
  10. Pujangga, A. C. (2019). Etnomatematika pada Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember sebagai Bahan Pembelajaran Matematika [Thesis, Universitas Jember]. http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98245
  11. Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25.
  12. Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Tre Alea Jacta Pedagogie.
  13. Wulan, E. R., Inayah, A. M., Khusnah, L., & Rohmatin, U. (2022). Etnomatematika: Geometri Transformasi Dalam Konteks Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187–203. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2509
  14. Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, Sugiarti, T., & Mutrofin. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329