PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI D’PUNCAK CAFE AND RESTO SAMARINDA TAHUN 2021

  • Ramadhani Ramadhani Universitas Mulawarman
  • Reza Reza Universitas Mulawarman
  • Christie Stephanie Piar Universitas Mulawarman
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di D’Puncak Cafe And Resto Samarinda Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan dilaksanakan di D’Puncak Cafe And Resto Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada D’Puncak Cafe And Resto, serta untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di D’Puncak Cafe And Resto Samarinda Tahun 2021. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang datang ke D’Puncak Cafe And Resto Samarinda. Jumlah sampel yang didapatkan menggunakan perhitungan Slovin sebanyak 97 responden. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui pemilik, karyawan, dan konsumen D’Puncak Cafe And Resto Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lovelock, Cristopher; Jochen, Wirtz; Jacky, Mussry. 2010. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. (Ed ke-7). Jakarta: Erlangga
Lubis, A.S., dan Andayani, N.R. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam” journal of business administration Vol 1 pp. 232-243
Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Panjaitan, J.E., dan Yulianti, A.L. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jne Cabang Bandung.” Derema Jurnal Manajemen Vol 11 Pp. 265-289
Published
2021-12-30
How to Cite
Ramadhani, R., Reza, R., & Piar, C. S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI D’PUNCAK CAFE AND RESTO SAMARINDA TAHUN 2021. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.913
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>