ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKL DI SMK NEGERI 15 SAMARINDA

  • Maria Yasinta Bara Universitas Mulawarman
  • Reza Reza Universitas Mulawarman
  • Nasib Subagio Universitas Mulawarman
Keywords: Analisis, Bahan ajar, Akuntansi dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang baik dan sesuai dengan kriteria
yang telah ditetapkan serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan guru dan kesesuaian atau kelayakan bahan
ajar Akuntansi Dasar kelas X AKL di SMK Negeri 15 Samarinda. Jenis penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah Guru mata pelajaran Akuntansi Dasar dan Bahan ajar Akuntansi Dasar
sedangkan teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan guru dalam menunjang proses
pembelajaran berupa Buku Teks Akuntansi Dasar berjumlah dua buku yaitu, buku teks
Akuntansi Dasar C2 dari Penerbit: Mediatama dari Penulis: Sari Dwi Astuti, memperoleh hasil
rata-rata keseluruhan telaah bahan ajar dengan persentase sebesar 92,4% dan Buku Teks
Akuntansi Dasar C2 dari Penerbit: Erlangga serta Penulis: Dwi Harti memperoleh hasil ratarata
keseluruhan telaah bahan ajar dengan persentase sebesar 86,6%, dari kedua buku teks
tersebut memiliki kriteria kelayakan “Sangat Layak”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan, K. D. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Bandung. Bandung: Alfabeta.
Abdul, M. &. (2015). Pendidikan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Akdon, R. (2011). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Andi, P. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
B.P, S. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Dakir, H. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ika, L. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2011). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionlisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Suwarno, W. (2011). Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2021-12-30
How to Cite
Bara, M. Y., Reza, R., & Subagio, N. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKL DI SMK NEGERI 15 SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.898
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>