PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN

Authors

  • Yohanes Magong Universitas Mulawarman
  • Reza Reza Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1213

Keywords:

Fasilitas Belajar, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan padatanggal 11 september –02 oktober 2021. Penelitian ini dilakukan di kampus fkip unmul jalan banggris. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiwapendidikan ekonomi angktan 2018,2019 dan 2020. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kusioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiwa pendidikan ekonomi , hal ini dibuktikan dengan ditolaknya H0 dan diterimanyaHa yang diajukan karena nilai r hitung > r tabel yaitu 30.17 > 17.76 pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden (N) sebanyak 144.(2) berdasarkan nilai R Square yang diperoleh,maka besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi yaitu sebesar 17.76 atau 17,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andas, N., & Rahmawati, L. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Fasilitas Belajar Dirumah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X IIS SMA Hangtuah 1 Surabaya. Pendidikan
Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Prosiding seminar Nasional vol 1, No. 2. Samarinda: Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman.
Cynthia, Camellia Lela. (2016).”Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Purwono. 2013. Profesi Pustakawan Menghadapi Tantangan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siswanto, A. V. 2012. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suharsaputra, U. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Susyana. 2016. “Pengaruh Teman Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Nasional. Bandung”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.
Uno, B. H. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara. Vembriarto. 2003. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana.
Ekonomi , Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 57.
Murtiningsih. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar , Sarana Belajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswapenerima BSM ( Bantuan Siswa Miskin) SMP Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 178–191.
Prakoso, Albrian Fiky, Trisnawati, N., & Soesatyo, Y. (2018). Cara Mudah Menguji Kuisioner Pada Penelitian Kuantitatif: Bagi Pemula. (A. Soejoto, Ed.). Unesa University Press.
Rivaldo, Y. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar ,Kebiasaan Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Pada STKIP PGRI Sumbar. Padang : E-Journal.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susila, A.D. 2014. “Hubungan Kelengkapan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Menggambar Teknik pada Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Rembang”. Skripsi. Semarang: Fak ultas Teknik UNNES.
Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 1 Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, B. H. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Sinar Grafika Offset. Widarjono, A. (2013). Ekonometrika Pengantar Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ekonisia.
Wahyuningrum, K. 2015. “Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan PituruhKabupaten Purworejo”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.
Zuhria, S. 2015. “Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi MA Nurul Yaqin Kota Gorontalo”. Skripsi. Gorontalo: Fakultas dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Magong, Y., Reza, R., & Puri Rahayu, V. . (2022). PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 193–199. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1213

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>