KAJIAN MINAT BERINVESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN

  • Tiara Sinta Batubara Universitas Mulawarman
  • Reza Reza Universitas Mulawarman
  • Ilham Abu Universitas Mulawarman
Keywords: Minat, Investasi, Faktor-faktor

Abstract

Artikel ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui minat investasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam berinvestasi. Penelitian ini menggunakan deskriptif pendekatan kualitatif karena menggambarkan suatu kegiatan  yang dilakukan pada obyek tertentu, untuk dapat menerangkan suatu gejala yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan 15 orang mahasiswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan analisis data, temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: terdapat 2 jenis informan yaitu mahasiswa sudah berinvestasi dan mahasiswa belum berinvestasi. Mahasiswa tersebut sama-sama memiliki pengetahuan, ketertarikan dan usaha dalam mempersiapkan sebelum memulai berinvestasi namun pada mahasiswa yang belum berinvestasi memiliki pengetahuan yang masih terbatas, usaha yang kurang dan memiliki beberapa kendala. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi pada minat mahasiswa yang sudah berinvestasi ialah 1. Mendapatkan keuntungan di masa depan, 2. Dapat memiliki dana simpanan untuk hal-hal yang tidak terduga, 3. Dapat mempercantik diri (emas perhiasan), 4. Termotivasi dari keluarga yang sudah berinvestasi, 5. Termotivasi dari teman yang sudah berinvestasi, 6. Memiliki perasaan senang ketika sudah berinvestasi. Sedangkan faktor-faktor pada mahasiswa yang belum berinvestasi ialah 1. Masih dibiayain oleh orang tua, 2. Belum memiliki penghasilan, 3. Belum mengetahui secara rinci, dan 4. Masih memiliki prioritas lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif Komunikasi,Ekonomi,Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya (edisi kedua). Prenada Media Group hal 107.
Hidayat, L, Muktiadji, N, & Supriadi, Y, (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Perguruan Tinggi, JAS-PT, Vol. 3 No. 2 Desember
Mastura, A., Nuringwahyu, S., Zunaida, D., Bisnis, J. A., Administrasi, F. I., Islam, U., Mt, J., Malang, H., Universitas, L., Malang, H. (2020). BERINVESTASI DI PASAR MODAL. 9(1), 64–75.
Nisa, A. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal, Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Penelitian Teori Dan Terapan Akuntansi, I, 25.
Nugrahani Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Nurlaili, A.,E (2020) Skripsi "Analisis Minat Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo Untuk Berinvestasi Di Galeri Investasi BEI IAIN Ponorogo" , Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Riawan, I., (2019). Skripsi “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Ekspetasi Pendapatan Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berinvestasi Melalui OVO” , Universitas Negeri Semarang.
Tandio, T., & Widanaputra, A. A. G. P. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi, Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2–26.
Published
2021-12-30
How to Cite
Batubara, T. S., Reza, R., & Abu, I. (2021). KAJIAN MINAT BERINVESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.911
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>