PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 SEBULU

  • Erawaty Sinthya Clara Brt Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Christie Stephanie Piar Universitas Mulawarman
Keywords: Persepsi siswa, Pembelajaran daring, Persepsi siswaPembelajaran masa pandemi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandami Covid-19 yang mebuat sekolah-sekolah ditutup dan mengubah sistem pembelajaran dengan tujuan menghambat penyebaran Covid_19. Alternatif yang dilakukan agar proses pembelajaran tetap berjalan, maka dilakukan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 2 Sebulu. Metode pelenelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI dan 3 guru pelajaran Ekonomi dengan teknik pengambilan sempel purposive sampling, sedangkan untuk teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yang meliputi kondisi pembelajaran daring, dimensi materi ajar, interaksi siswa, gaya belajar, dan lingkungan/aksesibilitas menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang “cukup baik” terhadap pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 mata pelajaran Ekonomi. Namun, perlu dilakukan penelitian lanjutan agar berbagai kendala yang terjadi di dalam pembelajaran daring tidak terulang kembali untuk kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 106.
Brown, J. C., & Park, H S. (2015). Comparing Student Research Competencies in Online and Traditional Face-to-Face Learning Environments. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(1), 1.
Katiasih, P., Landrawan I. W., & Kertih, I. W. (2018). Persepsi Siswa SMP Negeri 1 Sukasada Terhadap Tidak Dimasukkannya Mata . Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan, 6(1), 2-4.
Kementerian Pendidikan an Kebudayaan. 18 Mei 2020. Surat Edaran Sekretariat Jenderal Nomor 15 Tahun 2020. 01 September 2020
Sudarman. (2018). Metodlogi Penelitian Pendidikan . Samarinda: Mulawarman University
Press.
Wiryanto. (2020). Pross Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 3-4.
Published
2021-12-30
How to Cite
Brt, E. S. C., Sudarman, S., & Piar, C. S. (2021). PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 SEBULU. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.889
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>