HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 MUARA MUNTAI

  • Riska Hartati Universitas Mulawarman
  • Reza Reza Universitas Mulawarman
  • Nasib Subagio Universitas Mulawarman
Keywords: Gaya Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui gaya belajar siswa di SMA Negeri 1 Muara Muntai, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Muara Muntai, dan hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Muara Muntai. Bentuk penelitian ini adalah penelitian korelasi, subjek penelitian korelasi ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 48 siswa di SMA Negeri 1 Muara Muntai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji chi - kuadrat. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 terdapat 39 siswa tergolong ke dalam kriteria yang baik dengan nilai rata-rata berada pada interval 80 – 89 dan 9 siswa tergolong ke dalam kriteria interval 70 -79. Berdasarkan data yang telah diperoleh melalui rumus uji nilai chi – kuadrat, maka akan ditentukan hipotesis terhadap penelitian ini, yaitu X2 hitung = 16.633 > X2 tabel = 5.991 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar sebesar 0.99 sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Muara Muntai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DePorter Bobbi, Hernacki Mike. 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang – Ruang Kelas. Bandung : Kaifa
Singh Kiranjit Kaur Balbir. 2011. Learning Styles and Overall Academic Achievement in a Spesific Eductional System. International Jurnal of Humanities and Sosial Science. Vol. 1 No. 10 Hal. 144
Gilakjani Abbas Pourhossein. 2012. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education, Vol. 2 No.1 Hal.105
Published
2021-12-30
How to Cite
Hartati, R., Reza, R., & Subagio, N. (2021). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 MUARA MUNTAI. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.909
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>