PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 SAMARINDA

  • Fahriadi Fahriadi Universitas Mulawarman
  • Made Ngurah Partha Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
Keywords: Fasillitas belajar, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 95 siswa kelas VIII A s/d VIII D di SMP Negeri 21 Samarinda dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji t diperoleh secara parsial fasilitas belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, secara parsial motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji f diperoleh secara simultan fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Siswa diharapkan mampu memanfaatkan fasilitas belajar yang telah disediakan secara maksimal untuk keperluan belajar, sehingga dapat menimbulkan motivasi pada diri mereka sendiri dengan begitu harapannya bahwa prestasi belajar para siswa dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Zuhry, M. V; Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan orang tua, semangat belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di masa pandemi.,Jurnal Ilmu Pendidikani, 3(5), 2501-2512.
Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Prosiding seminar Nasional vol 1, No. 2. Samarinda: Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman.
Arrixavier, A. A., & Wulanyani, N. M. S. (2020). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 81–90. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/56152.
Badrus Sholeh, H. S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Smp Nurul Iman Parung Bogor Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 12-20.
Daskalovska, N, Gudeva, L. K, & Ivanovska, B. (2012). K Leaner Motivation and Interest Procedia- Sosial and Behavional Science,46, 1187-1191.
Hardani. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif (H. Abadi (ed.)). Pustaka Ilmu.
Hatmoko, J. H. (2015). Survei minat dan motivasi siswa putri terhadap mata pelajaran penjasorkes di SMK se-Kota Salatiga Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport(Health and Recreation), 1729–1736. https://doi.org/10.15294/active.v4i4.4855.
Hidayat, S. & A. (2013). Manajemen pendidikan substansi dan implementasi dalam praktik pendidikan di Indonesia. Pustaka Mandiri.
Lela Camellia Cynthia, T. M. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Muhamad, H., Efendi, A., & Basori, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 12(1), 56. https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i1.19118.
Safridayanti. (2014). Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014.
Setyawan, B. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Administrasi Perkantoran, 3.
Sitti Hajiyanti Makatita, A. (2021). Pengaruh Motivasi BElajar terhadap Prestasi Belajar
163
Siswa Kelas X Mia di SMA Negeri 2 Namlea. Jurnal Biology Science & Education, 34-40.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Sunadi, Lukman. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya,Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1-19.
Nashir, Ahmad , Surtayadi, A. Su. (2012). Pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar KKPI siswa SMK N 1 SUrakarta. Jurnal Administrasi Perkantoran.
Putra, Igung Prema, Kapile, Charles. (2019).Keterkaitan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sausu,7(1), 29-45.
Winarno. (2013). Metode penelitian dalam pendidikan jasmani. Universitas Negeri Malang (UM PRESS).
Wonga, M. O., Yuliani, T., & Indriawati, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 7 Balikpapan. Jurnal Edueco, 3(1), 62–69. https://doi.org/10.36277/edueco.v3i1.55.
Published
2022-07-21
How to Cite
Fahriadi, F., Partha, M. N., & Rahayu, V. P. (2022). PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 150-163. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1208
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>