PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 17 SAMARINDA

  • Shafira Melinda Rachmad Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Riyo Riyadi Universitas Mulawarman
Keywords: Media pembelajaran, video animasi, reseacrh and development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk video animasi, mengetahui kelayakan media, dan respon siswa. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 71 responden yaitu siswa kelas X IPS SMA Negeri 17 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi sebesar 83,75%, uji validasi ahli media sebesar 86,15%, uji coba kelompok kecil sebesar 85,24%,dan uji coba kelompok sebesar 87,96%. Secara keseluruhan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 17 Samarinda memperoleh nilai sebesar 85,77% dinyatakan “Sangat Layak” digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarini, T., Masykuri, M., & Sudarsiman, S. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Flipchart dan Video Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. BIOEDUKASI, 6(2), 102-119
Apriani, R. A., Jaryanto, & Octoria, D. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Bantuan Software GoAnimate untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik Perbankan di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Tata Arta, 4(1), 20-29.
Efanudin, A. F. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL di SMK Krian 1 Sidoarjo. Jurnal IT-EDU, 2, 202-209.
Hai, A. A., Amiruddin, A. Z., Rahman, A. A., & Daud, W. W. (2019). The Use of 2.0: GoAnimate.Com in Arabic Language Learning Activities at Universiti Malaysia Kelantan. Sains Humanika, 12(1), 11-17.
Maulida, H., Lubis, R. A., & Solin, M. 2019. Pengembangan Media Berbasis Animasi untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas XI MA. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Budaya 6(12), 621-632.
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 6(1), 34-48.
Rahayu, V. P., & Purwaningsih, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Menerapkan Prinsip-Prinsip Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5, No. 2.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika . Jurnal Kreano 3(1), 59-72.
Sari, S. L., Widyanto, A., & Kamal, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Smartphone Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Prosiding BIotik, 1(4), 476-485.
Published
2022-07-21
How to Cite
Melinda Rachmad, S., Sudarman, S., & Riyadi, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 17 SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 133-139. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1206
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>