PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 34 SAMARINDA

  • Rofi Gunawan Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
Keywords: Media Pembelajran Interaktif, ADDIE

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan pengaruh yang sangat besar di bidang pengetahuan dan pendidikan. Terlihat dari penggunaan berbagai macam media pembelajaran untuk membantu siswa menyerap dan memahami materi yang diajarkan. Salah satu media pembelajaran interaktif yang menarik dapat dikembangakan dengan menggunakan software articulate storyline. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Research and Development (Penelitian Pengembangan). Metode penelitian Research and Development merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE karena rasional, sistematis, mudah dipelajari dan lengkap. Model ADDIE tersusun secara sistematis sehingga dalam pelaksanaannya urut, setiap tahap yang akan dilalui selalu mengacu pada tahap sebelumnya yang melalui proses revisi atau perbaikan sehingga tahap selanjutnya diperoleh produk media pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi dengan skor 4,8, uji validasi ahli media dengan skor 4,5, uji coba kelompok kecil sebesar 86%, dan uji coba kelompok sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline sangat baik dan layak digunakan untuk menarik minat belajar siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benny A. Pribadi, (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
Iman. (2015). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gp Press.
M. Yumini. (2013) Pengembangan Media Interaktif Dengan Tema Sistem Pencernaan Manusia Untuk SMP Kelas VIII. UNESA: PENSA E-Jurna.
Mega Kurniawan. (2012) Pengembangan Buku Digital Interaktif Berbantu Adobe Flash di Kelas X SMK Negeri Mojo Agung. Universitas Negeri Surabaya: Unesa Jurnal.
Muhson. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat.
Nazmi, (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Pratama (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Prawiladilaga. (2016). Articulate Storyline untuk media pembelajaran Guru SD. Jurnal
Prayoga, R. R., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SAMARINDA (Vol. 15, Issue 1).
Purnama, S. I., & B, I. G. P. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.
Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK N 1 Sampang. Jurnal Pendidikan TeknikElektro, 5(1), 83–88
Sari, Widyanto, dan Kamal. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dalam Smartphone Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Untuk Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 5 Banda Aceh”. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2017
Sudarman, Noor Ellyawati, Riyo Riyadi, & Ratna Fitri Astuti. (2022). PROFILE OF STUDENT SELF-REGULATION LEARNING IN APPLYING TEACHING SKILLS IN ONLINE LEARNING. International Journal of Social Science, 1(5), 687–692. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i5.1312
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.
Swasono. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-07-21
How to Cite
Gunawan, R., Sudarman, S., & Astuti, R. F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 34 SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 54-62. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1196
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>