PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX SMP NEGERI 22 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Arif Budiman Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1200

Keywords:

Hasil Belajar IPS, model pembelajaran, problem based learning

Abstract

Pembelajaran IPS sendiri ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki sifat aplikatif. Oleh karena itu,. Model yang tepat yaitu model Problem Based Learning, Model ini mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini salah satu kelas 9 yang ada di SMP Negeri 22 Samarinda yaitu kelas 9G. kelas berjumlah 35 siswa. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan materi pokok perdagangan Internasional dengan menggunakan model Problem Based Learning. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning sudah sesuai prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Meningkatkan nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 35,16 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 11,4%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 73,6 dengan tingkat ketuntasan belajar 40%. Dan siklus II nilai rata-rata sebesar 82,63 dengan tingkat ketuntasan belajar 94,28%. Dari hasil yang di dapatkan bisa model ini mampu meningkatkan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M. 2019. “Problem Base Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan. 164–73.
Baroya, E. P. I. Hifmi. 2018. “Strategi Pembelajaran Abad 21 - Lpmp Jogja.” As-Salam I(01):101–15.
Jacub, Tasmin A., Hasia Marto, Arisa Darwis, and SMP Negeri. 2020. Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di SMP Negeri 2 Tolitoli). Vol. 2. Rahayu, V.P & Purwaningsih, S. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Menerapkan Prinsip-Prinsip Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan. Vol.5, No.2. Jurnal_Pe. Universitas Negeri Surabaya
Susilowati, Dwi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Vol. 02. Jawa Tengah.
Wiriatmadja. 2018. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Budiman, A., Sudarman, S., & Sutrisno, S. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX SMP NEGERI 22 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 74–80. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1200

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>