EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 SAMARINDA

  • Isnaniah Isnaniah Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Riyo Riyadi Universitas Mulawarman
Keywords: Efektivitas, Google classroom

Abstract

Guru dan siswa menggunakan google classroom untuk membantu proses pembelajaran yang dilakukan. Hal itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat seberapa efektif proses pembelajaran menggunakan google classroom yang telah diberikan oleh guru kepada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek 6 siswa dan 4 guru. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan google classroom pada pembelajaran IPS di Kelas VIII cukup efektif. Efektifnya dilihat pada pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang telah melakukan arahan dan persiapan, dari segi komunikasinya cukup baik, dan aktivitas pembelajaran yang dapat menghemat waktu dan efektif, serta performa google classroom yang dapat dipahami oleh guru dan siswa sebagai pengguna. Didukung dengan hasil kuesioner (97,3%) google classroom efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keefektifan pembelajaran menggunakan google classroom berada dalam kategori efektif. Namun terdapat ketidak maksimalanya pada guru dan siswa belum melakukan komunikasi dengan diskusi online melalui google classroom artinya guru hanya menggunakan google classroom dalam beberapa hal saja seperti menyampaikan tugas, absen dan penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, O. (2020). Penerapan Media Googlle Classroom Di Era Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran. Jurnal SosialTeknik.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan Solusi dan Harapan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Arifin, S.R., dan Merdekaawati, E. G. (2020). Tanggapan Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi ISSN 2460-3564, 8(3), 278–281.
Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 1(1), 17. https://doi.org/10.25273/research.v1i1.2451
Atikah., R. P. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Komunikasi.
Famukhit, M. L. (2020). Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Online Pada Program Studi Pendidikan Informatika Stkip Pgri Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan. http://www.ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/314
Froiland, D. M. (2020). Effectiveness Of Asynchroous Distance Learning Amidst The New Normal. European Scholar Journal ISSN 2660-5526, 2(1), 17–19.
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo. 2, 1–6.
Harjanto, A. S., & Sumarni, S. (2019). TEACHERS ’ EXPERIENCES ON THE USE OF GOOGLE. 3, 172–178.
Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(September), 53–56. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61
Mahitsa M, M. A. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102
Nugrahani Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Reni, B., Mawarti, P., Pamungkas, P. D. A., Sekretari, P. S., & Informatika, P. T. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENGETIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DI SEKOLAH TINGGI. 4, 20–39.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar, 122–125. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id
Sanjaya, W. (2019). Media Komunikasi Pembelajaran. PT Fajar Interpratama.
Suparjan, E., Hidayat., Ilyas. (2021). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Konsep Dasar PKN. Jurnal Teknologi Pendidikan.
wijaya yunan fauzi. (2019). Jurnal Mantik Jurnal Mantik. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pimpinan Dengan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Di PT. Sagami Indonesia, 3(2), 10–19.
Published
2021-12-30
How to Cite
Isnaniah, I., Sudarman, S., & Riyadi, R. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.908
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>