UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS MUSLIMIN INDONESIA CENTER (MIC) SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1205Keywords:
model pembelajaran TSTS, hasil belajar IPS, pembelajaran kooperatifAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa, dari 20 siswa hanya 8 (40%) yang mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Melalui penerapan model pembelajaran TSTS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan di MTs Muslimin Indonesia Center (MIC) Samarinda Kecamatan Samarinda ulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan oleh : (a) aktivitas guru pada siklus I sebesar 79%, pada siklus II sebesar 93,66%. aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 74,6%, pada siklus II sebesar 80,3%. (b) hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 47%, pada siklus I sebesar 80%, dan pada siklus II sebesar 90%.
Downloads
References
Ayuwanti, Irma. 2016. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro”. Jurnal SAP. Vol 1 No 2.
Rahayu, V. P., & Purwaningsih, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Menerapkan Prinsip-Prinsip Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 5, No. 2.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Maya Firda Yanti, Alzaber. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Siak Hulu Tahun Ajaran 2018/2019”. Aksiomatik. Vol 8 No 3