PENGARUH LATIHAN PEGANGAN RAKET BACKHAND DAN LATIHAN PEGANGAN RAKET GABUNGAN TERHADAP KETEPATAN SERVIS BULUTANGKIS EKSTRAKURIKULER SMPN 2 KOTA BANGUN KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Adi Kurniadi Pendidikan Jasmani Universitas Mulawarman
  • Muchamad Samsul Huda Pendidikan Jasmani Universitas Mulawarman
  • Jupri Jupri Pendidikan Jasmani Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/bpej.v2i1.582

Keywords:

Latihan, servis bulutangkis, backhand grip

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui Pengaruh latihan Pegangan raket gabungan terhadap kemampuan servis bulutangkis Siswa Ekstrakurikuler SMPN 2 Kota Bangun Kaltim (2) Untuk mengetahui pengruh latihan servis dengan menggunakan backhand grip terhadap kemampuan servis pendek bulutangkis kepadaSiswa Ekstrakurikuler SMPN 2 Kota Bangun Kaltim. (3) Untuk mengetahui perbededaan pengaruh latihan servis dengan menggunakan gabungan grip dan latihan servis dengan menggunakan backhand grip terhadap kemampuan servis pendek Siswa Ekstrakurikuler SMPN 2 Kota Bangun Kaltim. Jenis penelitian ini, menggunakan jenis penelitian eksperiment lapangan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Siswa Ekstrakurikuler SMPN 2 Kota Bangun Kaltim.Pengambilan sample menggunakan teknik Random Sampling sebanyak 20 orang siswa yang dibagi kedalam dua kelompok latihan yaitu kelompok A dan B, masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan servis pendek bulutangkis. Analisis data menggunakan analisis statistika dekskriptif dan analisis statistika inferensi dengan menggunakan bantuan program SPSS v21. 00. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil : (1) ada pengaruh latihan servis dengan menggunakan gabungan grip secara signifikan terhadap kemampuan servis pendek bulutangkis padaSiswa Ekstrakurikuler SMPN 2 Kota Bangun Kaltim. Terbukti diperoleh nilai t hitung (tₒ) = 7.965 ≥ t tabel = 2,262. (2) ada pengaruh latihan servis menggunakan backhand grip secara signifikan terhadap kemampuan servis pendek bulutangkis pada siswa kelas padaSiswa Ekstrakurikuler SMPN 2 Kota Bangun Kaltim. Terbukti diperoleh nilai t hitung (tₒ) = 14.697 ≥ t tabel = 2,262. (3) ada perbedaan pengaruh antara latihan servis dengan menggunakan gabungan grip dengan latihan servis menggunakan backhand grip secara signifikan terhadap kemampuan servis pendek bulutangkis padaSiswa Ekstrakurikuler SMPN 2 Kota Bangun Kaltim. Terbukti diperoleh nilai t hitung (tₒ) = .344 ≤ t tabel = 2,101, disamping itu nilai rata-rata tes akhir latihan servis dengan menggunakan gabungan grip dan nilai rata-rata tes akhir latihan servis dengan menggunakan backhand grip berbeda secara nyata yaitu 50000 ( 48,5 : 54,5 ). Latihan servis dengan menggunakan backhand grip lebih baik dibandingkan dengan latihan servis dengan menggunakan gabungan grip.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Salim, 2008. Buku Pintar Bulutangkis, Jakarta Timur: PT. Intimedia Ciptanusantara
Bompa, T.O. 1994. Theory and Metedologi of Training. The Key to Atlethic Peformance, 3th
Edition. Dubuque IOWA: Kendalhunt Publishing Company.
Harsono, 1998. Panduan Kepelatihan. Jakarta: KONI.
Hermawan Aksan, 2012. Mahir Bulutangkis. Bandung: PT. Nuansa Cendekia.
James Poole, 2010. Belajar Bulutangkis. CV Pionir Cahya Bandung.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Suharno, 1981. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: Yayasan STO.
Sukadiyanto, 2002. Pengantar Teori Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta : Fakultas Ilmu
Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta
Haris Iskandar.2017.shuttlecock/kock menari indah di udara,Jakarta:kemendibud
Yudha Aryan Prabowo. 2015. Ketetapan pukulan smash bulutangkis peserta ekstrakulikuler
bulutangkis putra, SMPN 13 YOGYAKARTA
Deni Danuaji. 2007, Bulutangkis, PT INDAHJAYA Adipratama

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

[1]
A. Kurniadi, M. Samsul Huda, and J. Jupri, “PENGARUH LATIHAN PEGANGAN RAKET BACKHAND DAN LATIHAN PEGANGAN RAKET GABUNGAN TERHADAP KETEPATAN SERVIS BULUTANGKIS EKSTRAKURIKULER SMPN 2 KOTA BANGUN KALIMANTAN TIMUR”, Borneo.phy.ed., vol. 2, no. 1, pp. 38–51, Jun. 2021.